SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Lumpia Semarang ala Danik

  • Reporter:
  • Senin, 17 Juli 2017 | 08:10
  • Dibaca : 327 kali
Lumpia Semarang ala Danik
Foto Teguh Prihatna.

Berawal dari kerinduan sang suami akan masakan Semarang, Danik Windarti menjajal membuat lumpia, makanan khas kota itu. Ternyata, tak sulit membuat lumpia sendiri di rumah. Bahan-bahannya mudah dicari.

Lumpia yang dibuat Danik adalah lumpia goreng seperti yang ada di Semarang. Tampilan luarnya berwarna kecokelatan dan terlihat garing.

Tapi begitu digigit, ternyata lebih empuk dari perkiraan. Yang membuat tekstur kulit lumpia empuk, Danik menambahkan satu butir telur dan sedikit tepung tapioka ke dalam adonan.

“Saya bikin lumpia karena suami kangen makanan Semarang. Dulu dia kuliah di sana,” kata Danik di rumahnya di Perumahan Padjadjaran, Batuaji, Batam, Minggu (16/7).

Sang suami, Yanu Setya Nugroho, sempat tinggal lama di Ibu Kota Jawa Tengah itu. Yanu pula yang mendorong Danik untuk memperkenalkan lumpia di Batam dengan cara menjualnya lewat media sosial.

Lumpia memang dikenal sebagai makanan khas Kota Semarang. Makanan ini termasuk dessert dari jenis spring rolls atau dim sum yang banyak ditemukan di dunia kuliner Asia Timur dan Asia Tenggara.

Ciri khasnya, terbuat dari beragam isian yang dibungkus, dilipat, atau digulung dengan kulit tepung. Seperti dim sum lain, lumpia ada yang digoreng, ada pula yang dikukus.

Selengkapnya baca KORAN SINDO BATAM

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com