SINDOBatam

Terbaru Metro+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Lurah dan Camat Diminta Pantau Titik Banjir

  • Reporter:
  • Rabu, 4 Juli 2018 | 14:44
  • Dibaca : 77 kali
Lurah dan Camat Diminta Pantau Titik Banjir
Ilustrasi Foto ARRZY ADITYA

BATAM KOTA – Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad meminta camat dan lurah untuk memonitor titik banjir di musim penghujan ini. Ia tidak ingin sampai banjir terjadi di pemukiman warga.

Jika banjir melanda, ia berharap segera ditangani tim terkait agar tidak kembali tersebar di media sosial seperti kejadian di Nongsa pekan lalu. “Monitor titik banjir di wilayah kecamatan masing-masing. Dan koordinasikan dengan Bina Marga (Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air),” kata Amsakar, kemarin.

Sebelumnya, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan ia langsung cek ke Nongsa begitu informasi banjir ia terima. Ia memimpin langsung rapat dengan kecamatan dan pihak terkait untuk tuntaskan masalah banjir ini.

Rudi dengan tegas meminta pihak PT Kaliban Bangun Prakarsa segera membangun drainase di lokasi pembangunan mal yang tengah dilakukan. Karena banjir yang terjadi di RW 21 Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa tersebut akibat pembangunan perusahaan tanpa mengindahkan kondisi lingkungan.

“Bangun drainase atau hentikan semua. Kalau tidak, tarik balik lahannya,” kata Rudi.

Berdasarkan hasil rapat disepakati bahwa untuk sementara Satuan Kerja Kementerian PUPR bersama Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air akan membuat spack RAB Box Culvert untuk normalisasi. Pihak perusahaan menyetujui dan akan memberikan bantuan senilai Rp100 juta untuk normalisasi tersebut.

Ia mengatakan ke depannya lahan untuk drainase harus diserahkan di awal pengalokasian lahan. Tidak seperti sekarang, lahan fasilitas umum diserahkan di akhir sehingga dapat lokasi tak strategis.

“Lahan untuk drainase tidak boleh seperti sekarang, lahan diberi habis lalu dikembalikan sekian meter. Saya tak setuju seperti itu. Karena lahan yang dikembalikan tidak sesuai kondisi. Ini yang terjadi di SMPN 28. Lahan yang diberi untuk buat saluran air berada di bukit. Air mana bisa mengalir ke atas,” ujarnya. iwan sahputra

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com