SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Mahasiswa Univers Suguhkan Tari Tradisional

  • Reporter:
  • Senin, 27 Mei 2019 | 08:07
  • Dibaca : 155 kali
Mahasiswa Univers Suguhkan Tari Tradisional
Mahasiswa Universitas Universal menampilkan Tari Jogi dalam pentas seni yang digelar di Kompleks Maha Vihara Maitreya Seipanas, Sabtu, (25/5). f dok Universitas Universal

BATAM KOTA – Mahasiswa Universitas Universal (Univers) Batam persembahkan karya seni tari tradisional yang digelar di Kompleks Maha Vihara Maitreya Seipanas, Sabtu, (25/5).

Program Studi Seni Tari Universitas Universal Batam menggagas kegiatan ini sebagai media uji kompetisi mahasiswa dalam mempresentasikan hasil belajar mereka selama satu semester. “Pagelaran semester genap ini diberi tajuk Hum (art) nity yang berangkat dari seluk beluk kehidupan manusia yang senantiasa berhubungan dengan dirinya sendiri, orang lain, lingkungan sekitar dan tuhan,” kata Rektor Universitas Universal Batam, Disdarjono.

Ia menyampaikan, tentang tolak ukur pelaksanaan pagelaran ini dan yang akan datang sebagai bagian dari Ujian Akhir Semester (UAS). Acara ini tak hanya dihadiri penonton dari Batam, tetapi penikmat seni dari luar Batam.

Baginya, karya tari genre kontemporer yang disajikan malam itu mampu menyatukan olah rasa dan olah tubuh yang integral dalam satu pesan tarinya. “Teruslah bekarya karena kalian generasi-generasi milenial yang peduli dengan adat budaya dan perkembangan seni tari,” ujarnya.

Tari tradisional yang disuguhkan seperti Jogi, Rantak, dan Tapuak Balega yang berasal dari ujian mata kuliah Tari Etnis Melayu dan paket tari kereasi. Sejumlah judul repertoar tari yang menjadi ujian mata kuliah koreografi seperti The Untold Pain, Art of Sketches, Renjana, Ruang Gelap, Meet Amotion, Gumini, Risalah Alamku, dan Tangisan Alam, sedangkan dua monolog yang disajikan berjudul Petak Umpet dan Sang Penjilat.

Semangat mahasiswa yang menjadi peserta ujian juga terlihat pada penyelenggaraan acara yang dibentuk dalam satu tim produksi. Tim produksi Hum (art) nity berasal dari seluruh mahasiswa program studi Seni Tari Universitas Universal didukung oleh Uvers Studio, dan juga mahasiswa Seni Musik.

Ratusan penonton terlihat terhibur dengan saat tari tradisional Jogi yang Khas dengan irama dinamis dan gerak yang lincah yang dipersembahkan. Selain itu, penonton terkesima saat beberapa repertoar tari kontemporer disajikan penuh dengan adegan tari yang dramatik dan menyentuh.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com