SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Mantri BRI Unit Kijang Jadi Tersangka Dugaan Korupsi

  • Reporter:
  • Jumat, 9 Juni 2017 | 13:21
  • Dibaca : 1316 kali
Mantri BRI Unit Kijang Jadi Tersangka Dugaan Korupsi
Lomba Sampan Ting-Ting dan Campang Sampan Sinergitas TNI Polri dan Masyarakat di Dermaga Pelabuhan Beton Kampung Tua Tanjung Riau, Batam, Kamis (21/11).  /dicky sigit rakasiwi

BINTAN – Karyawan BRI Unit Kijang inisial EY ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaa korupsi dana KUR sebesar Rp1.134.471.977. Penetapan tersangka berdasarkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) yang dikirim ke Kejaksaan Negeri Tanjungpinang.

“Ini memang kasus penggelapan, namun akibat timbulnya kerugian negara, unsur korupsinya terpenuhi. SPDP nya kami kirim pada Senin (5/6) lalu dengan tersangka EY,” ujar Kasat Reskrim Polres Bintan AKP Adi Kuasa Tarigan melalui Kanit II Tipikor Polres Bintan Bripka Agus Riki Sinaga di Mapolres Bintan, Kamis (8/5).

Agus mengatakan, kasus ini ditangani pihaknya berawal dari adanya laporan Bank BRI Cabang Tanjungpinang terkait adanya dugaan kerugian yang dialami BRI Unit Kijang saat menyalurkan KUR.
Dari penyelidikan, modus yang dilakukan tersangka mencari nasabah BRI yang nama dan identitas nya dapat digunakan untuk mengajukan permohonan pinjaman KUR. Kemudian, tersangka yang merupakan bagian mantri KUR di BRI Unit Kijang memanipulasi data dan usaha calon kreditur untuk kepentingan pribadi. Dalam menjalankan aksinya, tersangka dibantu dua rekannya yakni saksi LY dan HA.

“Atas perbuatannya, tersangka EY dijerat dengan pasal 3 UU No 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi,” kata Agus.

Untuk saat ini, pihaknya masih harus melakukan penyidikan intensif atas kasus ini setelah SPDP dilayangkan kepada pihak Kejaksaan. “Kami juga menunggu hasil audit BPKP untuk mengetahui dan menentukan angka pasti dari jumlah kerugian negara yang timbul,” ujarnya.

Sementara, Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus (Kasipidsus) Kejari Tanjungpinang Benni Siswanto membenarkan telah menerima SPDP dari Penyidik Pores Bintan terkait kasus dugaan korupsi dana KUR di Bank BRI Unit Kijang. “SPDP sudah kami terima dan sedang dipelajari,” ujar Benni.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com