SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Mari Jaga Batam Aman, Damai dan Kondusif

  • Reporter:
  • Rabu, 26 Desember 2018 | 15:13
  • Dibaca : 231 kali
Mari Jaga Batam Aman, Damai dan Kondusif

BATAM KOTA – Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto sambangi beberapa gereja yang ada di Batam memastikan kondisi keamanan berjalan dengan baik saat perayaan Natal, Senin (24/12) malam.

Kunjungan ini diawali mengunjungi Gereja HKBP Resort Mahnaim Batuaji, Kapolda didampingi Ketua DPRD Provinsi Kepri Jumaga Nadeak disambut dengan tarian khas Batak.

“Saya selaku Kapolda Kepri hadir di sini untuk silatuhrahim sekaligus mengucapkan selamat Natal kepada bapak/ibu sekalian. Semoga damai Natal selalu menyelimuti kita semua,” ujarnya.

Ia mengatakan, Polda Kepri didukung TNI dan stakeholder telah melaksanakan Operasi Lilin Seligi tahun 2018 untuk pengamanan malam Natal dan Tahun Baru 2019. Dalam hal ini pengecekan langsung pos pengamanan yang dilakukan para petinggi Polda Kepri di beberapa gereja yang ada di kabupaten dan kota di Kepri.

“Ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat Kristiani pada persiapan ibadah Natal dan juga menyemangati personel pengamanan yang ada di lapangan,” kata Andap.

Menurut dia, sebagai salah satu di antara 12 Polda yang ada pada skala prioritas 2, pengamanan Operasi Lilin dilaksanakan Polda Kepri selama 10 hari terhitung sejak 23 Desember 2018 sampai 1 Januari 2019. Dirinya bersama Wakapolda Kepri Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah dan Irwasda Polda Kepri Kombes Pol Purwulelono memantau secara langsung proses pengamanan pada malam perayaan ibadah Natal umat kristiani di beberapa Kabupaten Kota yang ada di Kepri.

“Pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru kali ini, Polda Kepri mengerahkan 1.202 personel pengamanan dan dibantu oleh jajaran TNI serta Stakeholder yang ada di Kepri,” ujarnya.

Pelaksanaan Operasi Lilin Seligi 2018, yang dilakukan oleh jajaran Polda Kepri bekerjasama dengan TNI, pemerintah daerah dan aparat terkait. Diharapkan tercipta kondisi Kepri yang aman dan kondusif.

“Pengamanan malam natal dan malam pergantian tahun 2019, adalah untuk mengidentifikasikan berbagai potensi kerawanan yang ada, untuk itu kita bersinergi untuk menjaga Kepri tetap kondusif,” ujarnya.

Setelah itu rombongan meninjau Gereja Tabgha Batam Centre dan Gereja Simalungun di Seipanas. Andap menyampaikan rasa terima kasih dan menyatakan proses pelaksaaan Hari Raya Natal 2018 berjalan dengan aman dan lancar.

“Ini adalah kerja bersama yang harus dipertahankan agar Kamtibmas tetap berjalan. Mari kita sama-sama akhiri 2018 dengan baik dengan mewujudkan kondisi Kamtibmas yang aman,damai dan kondusif,” tutupnya.

Selain Kapolda Kepri, Kapolresta Barelang Kombes Pol Hengki juga melakukan pemantauan ke sejumlah gereja. Bersama Dandim 0316 Batam Letkol Inf Romel Jangga Wardhana dan Wakil Wali Kota Batam Amsakar Ahmad meninjau sejumlah gereja.

Hengki menjelaskan, dari 341 gereja yang ada di Kota Batam, ada sekitar 230 yang mengelar misa Natal. “Kami juga bekerja sama dengan pengurus gereja untuk melakukan pengawasan dan keamanan,” ungkap Hengki.

Dandim 0316 Batam Letkol Inf Romel Jangga Wardhana mengatakan, anggota TNI juga bertanggungjawab atas keamanan dan kenyamanan masyarakat Kota Batam, apalagi Batam merupakan salah satu wilayah perbatasan di Indonesia.

“Kami tidak hanya mengamankan gereja, tapi titik-titik strategis di Batam ini kami juga menyebar anggota,” kata Romel.

Batam yang berbatasan langsung dengan negara tetangga juga menjadi prioritas anggota TNI untuk menjaga kedaulatan, agar tidak ada gangguan yang akan mengancam persatuan bangsa.

“Kami siap melayani dan mengayomi. Semoga Batam aman berkat kerja sama pihak Polri dan SKPD terkait,” ujarnya. dicky sigit rakasiwi/romi kurniawan

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com