SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Mark Low Ajak Investor Masuk Batam

  • Reporter:
  • Kamis, 23 Agustus 2018 | 13:49
  • Dibaca : 343 kali
Mark Low Ajak Investor Masuk Batam
Konsulat Jenderal Singapura untuk Batam Mark Low (baju biru muda) bersama pejabat dan pengusaha di Kepri, menghadiri pisah sambut dengan Gavin Chay, di Gran I Hotel, Nagoya, Selasa (21/8) malam. /agung dedi lazuardi

BATAM – Konsulat Jenderal Singapura di Batam, Mark Low, siap menjembatani perluasan kerja sama negaranya dengan Kota Batam. Di sektor pariwisata, Changi Group berencana mengirim langsung bagasi turis ke Batam yang masuk lewat Bandara Changi, Singapura.

Mark Low yang menggantikan Gavin Chay di Batam, bertatap muka dengan pejabat dan pengusaha di Kepri, Selasa (21/8/2018) malam di Grand I Hotel, Nagoya. Agenda itu juga sekaligus pisah sambut Mark dan Gavin Chay. Mark, sebelumnya bertugas sebagai Konsulat Jenderal Singapura di Medan, sedangkan Gavin Chay akan bertugas di India.

Mendapatkan tugas baru di Batam, Mark Low akan melanjutkan kerjasama yang selama ini sudah terjalin dengan baik antara Pemerintah Singapura dengan Indonesia, terutama Batam dan Kepri. Sebagai daerah yang dekat dengan negaranya, Mark yakin Batam akan bisa terus berkembang, baik itu investasinya atau sektor pariwisata.

“Singapura merupakan negara yang investasinya terbesar di Batam dan Kepri. Semoga masa depan saya bisa bekerjasama lebih dekat dengan Pemko Batam, BP Batam dan stakeholder yang ada. Kita bisa bekerjasama membuat lebih banyak investasi masuk ke Batam,” kata Mark pada acara pisah sambut, di Grand I Hotel, Nagoya, Selasa (22/8).

Pada kesempatan itu ia juga mengatakan Batam memiliki potensi di sektor pariwisata yang cerah. Dia mencatat setiap tahun ada sekitar 15 ribu wisatawan mancanegara (wisman) yang masuk ke Singapura. Tidak hanya wisman dari Indonesia, tapi juga banyak wisman dari China, Korea Selatan dan negara-negara lainnya.

Potensi itu dinilai bisa menjadi kesempatan bagi Batam menggaet wisman untuk juga datang ke Batam. Kedekatan wilayah tentu juga menjadi keunggulan tersendiri untuk Batam. Melihat potensi sektor pariwisata, ia juga yakin Batam bisa menjadi pintu gerbang wisman.

“Batam bisa menjadi gateway bagi Indonesia. Baik itu untuk wisman Indonesia yang akan berkunjung ke Singapura atau warga Singapura dan wisman di Singapura yang ingin masuk ke Indonesia,” katanya.

Ia mengatakan beberapa waktu lalu Pemerintah Singapura sudah berdiskusi dengan Wali Kota Batam M Rudi dan Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo terkait sektor pariwisata. Singapura, kata Mark, ingin memberikan kenyamanan kepada setiap wisman yang datang ke Singapura ataupun yang hendak bersinggah di Batam.

Rencana yang tengah digagas saat ini adalah setiap wisman yang datang melalui Changi Airport akan difasilitasi oleh Changi Group. Sehingga nantinya wisman yang membawa barang di bagasi tidak perlu menunggu lama mengambil barang bawaan. Changi Group akan mengantar langsung ke destinasi tujuan wisman di Singapura atau menuju pelabuhan yang ingin ke Batam.

“Saya berharap kedatangan saya di Batam bisa diterima oleh semua pihak, untuk menjalin kerjasama yang semakin baik,” katanya.

Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak mengatakan Singapura sudah pasti menjadi bagian penting bagi Provinsi Kepri dan juga Batam. Tidak hanya wilayahnya yang berdekatan, tapi dari segi historis Sigapura dan Batam memiliki sejarah yang sangat panjang.
Untuk itu pihaknya berharap ke depan kerjasama yang sudah terjalin dengan baik selama ini bisa terus ditingkatkan.

Jumaga juga menyampaikan apresiasi kepada Gavin Chay yang dinilainya berhasil menjalankan tugasnya dengan baik selama lima tahun di Batam. Menurut dia Gavin merupakan sosok yang bisa menjalin komunikasi dengan sangat baik. Sehingga hubungan baik antara Batam dan Singapura bisa berjalan dengan baik selama ini. Ia juga mengaku banyak belajar ilmu dari Gavin Chay. “Kami menyambut baik atas kedatangan Mark Low di Kepri. Tapi, kalau boleh jujur sebenarnya saya juga sangat sedih, karena Gavin Chay sudah kita anggap sebagai saudara,” jelas dia. ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com