SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Masih Banyak Kapal Asing Langgar ZEE

Masih Banyak Kapal Asing Langgar ZEE
Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti ikut patroli di Laut Natuna Utara bersama Danlanal Ranai Letkol Laut (P) Harry Setiawan, kemarin pagi. Rombongan menggunakkan pesawat Patroli Maritim P-862 CN-235 milik TNI AL. /ist

NATUNA – Puluhan kapal asing nyaris setiap hari melanggar teritorial perairan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di Laut Natuna Utara. Kapal asal Thailand dan Vietnam tercatat paling sering masuk ke zona tersebut.

“Pasti ada (yang melanggar). Banyak sekali kapal ikan asing yang melanggar batas ZEE,” ungkap Komandan Lanal Ranai Letkol Laut (P) Harry Setyawan, kemarin.

Harry Setyawan didampingi oleh Komandan Satrad 212 Ranai Mayor Lek Bagus dan Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti melakukan Patroli Maritim di sekitar perairan Laut Natuna Utara, Selasa (6/3/2018) pagi.

Patroli Maritim ini dilakukan melalui udara dengan menggunakan Pesawat Patroli Maritim P-862 CN-235 milik TNI AL.

Harry menjelaskan setiap personel TNI AL melakukan Patroli Maritim melalui udara selalu menemukan kapal ikan asing (KIA) yang melanggar batas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) di sekitar perairan Laut Natuna Utara.

Pesawat Patroli Maritim ini, kata Harry, merupakan perpanjangan tangan dari Kapal Republik Indonesia (KRI), untuk mendeteksi keberadaan kapal asing yang melanggar kedaulatan perairan di Indonesia.

“Setelah menemukan kapal asing yang melanggar batas, langsung kita laporkan ke KRI, nanti mereka yang menindak. Di ZEE sana KRI kita selalu ada yang stand by,” ujar Harry.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com