SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Masyarakat Batam Beralih Manfaatkan Gas Alam

  • Reporter:
  • Kamis, 8 Juni 2017 | 14:30
  • Dibaca : 230 kali
Masyarakat Batam Beralih Manfaatkan Gas Alam
Buka puasa bersama PGN Batam bersama media. Foto Teguh Prihatna.

BATAM KOTA – Bahan bakar gas menjadi salah satu sumber kebutuhan bagi kehidupan masyarakat dan banyak yang bisa dimanfaatkan. Gas alam juga menjadi sumber energi yang sangat aman dan memiliki sifat yang bersih sehingga tidak menyebabkan masalah emisi udara, karena terbukti lebih bersih dari pada sumber energi lain seperti batu bara atau minyak.

Sales Area Head, PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk Area Batam, Amin Hidayat mengatakan, gas memiliki banyak manfaat dan bisa diolah untuk memenuhi kebutuhan energi. Di antaranya bisa dimanfaarkan sebagai bahan bakar kendaraan pengganti bensin dan solar. Dimana gas bisa mengurangi polusi udara dari kendaraan.

“Jadi jika bebicara ketahanan energi sebenarnya Indonesia itu punyanya gas. Karena kalau minyak terbatas dan selama ini kebanyakan impor dari luar,” ujarnya saat buka bersama media di My Garden Restoran & Cafe, Batam Center, Selasa (7/6).

Selain transportasi dan listrik, PGN Area Batam juga memiliki banyak program gas sebagai penunjang kebutuhan manusia seperti halnya untuk memenuhi gas rumah tangga. Saat ini pelanggan rumah tangga dan jasa seperti restoran dan rumah makan, pelanggan UKM masih terus bertambah, jumlahnya sudah mencapai sekitar 4.700 pelanggan.

Manager Operational PGN, Yani menambahkan, pihaknya juga tengah fokus menjalankan program gas untuk bahan bakar. Dimana, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) juga membantu untuk pengadaan alat konverter kit yang akan dipasang di mobil dinas (mobdin) Pemko Batam. Direncanakan, Juni atau Juli akan datang 40 unit alat. “Dalam waktu dekat ini akan segera datang dan nanti akan dipasang di mobil dinas Pemko Batam,” kata Yani.

Menurut dia, alat tersebut pengadaannya sepenuhnya dibiayai kementerian dan diberikan gratis. Namun Pemko Batam sendiri sebelumnya menyerahkan data 400 unit mobil untuk mendapat konverter kit. Hanya saja pihaknya perlu memverifikasi, pasalnya mobil yang diajukan itu ada produksi tahun lama dan tahun baru. “Ada syarat dan ketentuannya. Karena kendaraan minimal mulai tahun 2009. Kemudian Pemko nantinya juga harus komitmen untuk menggunakan gas,” katanya.

Guna membantu pengadaan gas, pihaknya sudah mengoperasikan SPBG di Batam Centre. SPBG itu sudah beroperasi dan digunakan sekitar enam unit taksi. Batam dinilai sangat ideal menggunakan gas, karena lokasinya yang tidak terlalu luas.

Humas PGN Area Batam, Reza mengatakan, buka bersama dengan media sudah menjadi agenda rutin PGN. Kegiatan ini menjadi satu wadah yang positif. Dengan harapan sinergi perusahaan dan media menjadi lebih kuat dalam menyampaikan kinerja kedua belah pihak kepada masyarakat “Harapannya menjadi satu momen penting dalam mempererat hubungan silaturahmi antara PGN dan media,” kata Reza.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com