SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Masyarakat Didorong Pasarkan Kue Kering Khas Melayu

  • Reporter:
  • Rabu, 10 Oktober 2018 | 11:42
  • Dibaca : 54 kali
Masyarakat Didorong Pasarkan Kue Kering Khas Melayu
Ketua TP PKK Bintan Deby Maryanti saat berkunjung ke KUBE Budi Mulya di Desa Berakit, Sri Kuala Lobam, Senin (8/10). ft ist

BINTAN – Masyarakat Melayu di Bintan dikenal memiliki aneka kuliner yang sedap. Diantara sekian banyak kuliner yang sering dicari, kue bangkit atau kue lampam menjadi salah satu kue kering yang jadi primadona.

Berangkat dari hal itu, Ketua TP PKK Bintan Deby Maryanti mendorong masyarakat khususnya ibu-ibu untuk mengembangkan dan memasarkan kue-kue kering khas Melayu Bintan. Hal itu dikatakannya saat berkunjung ke Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Budi Mulya di Desa Berakit, Kecamatan Sri Kuala Lobam, Senin (8/10).

Deby tanpa canggung ikut bersama para ibu-ibu Desa Berakit membuat kue lampam, makanan khas Melayu tersebut.

“Saya sangat senang melihat semangat ibu-ibu KUBE yang membuat kue lampam dengan rasanya yang khas lemak manis dan gurih serta dipastikan bebas bahan pengawet,” kata Deby.

Dia menganjurkan agar setiap kegiatan pemerintah, pihak kecamatan melibatkan ibu-ibu desa dengan sajian kulinernya.

“Sehingga selain untuk mengenalkan kuliner khas Melayu, kita juga menjaga eksistensi dan memasarkan produk kue kering khas Melayu ini,” kata dia.

Sementara itu, Ketua KUBE Budi Mulya, Yani menuturkan, kue lampam menggunakan bahan dasar tepung terigu. Bahan-bahan yang digunakan diracik dengan jeli tanpa menghilangkan cita rasa tradisional Melayu.

“Dengan 1 kilogram tepung terigu bisa menghasilkan 30 keping kue lampam. Saat ini dalam sebulan kita mampu membuat 1.000 kue lampam yang dipasarkan ke warung-warung terdekat,” kata Yani.

Menurut dia, penghasilan dari berjualan kue lampam ini sangat lumayan. Di warung-warung penganan ini laris manis. Keunggulan lainnya, kue lampam ini bisa bertahan sampai satu bulan. Sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

novel m sinaga

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com