SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Masyarakat Diminta Cerdas Berbelanja

Masyarakat Diminta Cerdas Berbelanja
Kadisperindag Batam memonitor harga bahan pokok di pasar. Foto Teguh Prihatna.

BENGKONG – Harga komoditas bahan pokok yang naik sebelum Ramadan mulai kembali normal. Meski demikian tak semua pedagang menurunkan harga barang dagangan, sebab menjual dengan harga tinggi untuk meraup keuntungan.

Salah satunya harga bawang putih turun dari sebelumnya Rp46 ribu menjadi Rp35 ribu. Namun masih ada pedagang yang menjual dengan harga lama. Untuk itu, pemerintah meminta masyarakat cerdas saat belanja di pasar tradisional.

Di Pasar Cahaya Garden misalnya, satu pedagang dengan pedagang lainnya mayoritas tak sama untuk berbagai macam harga komoditas. Untuk komoditas bumbu seperti bawang putih ada tiga harga mulai dari Rp46 ribu, Rp36 ribu dan Rp35 ribu jika dibandingkan harga sebelum puasa relatif turun dari sebelumnya mencapai Rp46-50 ribu. Untuk cabai merah keriting juga mengalami penurunan dari harga Rp35 ribu menjadi Rp34 ribu, namun untuk cabai hijau mengalami kenaikan dari Rp20 ribu menjadi Rp26 ribu. Sedangkan cabai rawit turun harga Rp4 ribu dari Rp38 ribu menjadi Rp34 ribu. Sementara bawang merah masih di harga lama Rp25 ribu.

Komoditas lain seperti ayam ras tetap di harga Rp32 ribu, sementara ayam kampung mengalami kenaikan dari Rp60 ribu jadi Rp65 ribu, begitu juga sapi lokal dari Rp130 ribu jadi Rp140 ribu. Untuk sapi impor tetap di harga Rp80 ribu.

Sementara pantauan harga komoditas ikan-ikanan relatif mengalami penurunan seperti ikan tongkol dari Rp35 ribu menjadi Rp 25 ribu, ikan kembung tetap Rp35 ribu, ikan selar dari Rp40 ribu menjadi Rp35 ribu, udang dari Rp80 ribu menjadi 60, dan cumi-cumi Rp55 ribu menjadi Rp35 ribu.

Komoditas lainnya seperti telur mengalami penurunan dari Rp37 ribu menjadi Rp33 ribu. Sedangkan komoditas sayur bervariasi ada yang mengalami kenikan, juga penurunan seperti kentang dari Rp16 ribu menjadi Rp8 ribu, wortel Rp13 jadi Rp25 ribu, tomat dari Rp16 ribu jadi Rp12 ribu, bayam dari Rp15 ribu jadi Rp20 ribu, kangkung Rp13 ribu jadi Rp10 ribu dan kacang tanah dari Rp24ribu jadi Rp22 ribu.

“Secara keseluruhan hasil pantauan kami hari ini (kemarin) relatif stabil, bahkan beberapa komoditas mengalami penurunan harga,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Zarefriadi, Selasa (30/5).

Untuk komoditas lain memang masih mengalami kenaikan, namun rata-rata harga yang ada masih bisa ditawar sehingga masyarakat diminta untuk cerdas untuk mencari pedagang yang memberi harga paling rendah. “Cuma berselang berapa kios, di pasar sama, harga beda-beda,” ujarnya.

Temuan di Pasar Cahaya Garden kemarin, sejumlah pedagang masih menjual harga dengan stok lama khususnya bawang putih, bahkan daging impor dijual di atas harga eceran tertinggi. “Sudah kami tegur. Kalau alasan stok lama, bukan alasan, risiko sendiri,” katanya.

Di Pasar Fanindo Batujai, harga daging sapi yang sempat menembus angka Rp130 ribu per kilogram, kini kembali normal dikisaran Rp80 ribu per kilogram.  “Sudah stabil, harganya sama seperti sebelum bulan puasa kemarin,” kata Akang, penjual daging.

Meskipun harga daging sapi segar tetap stabil, dia mengaku permintaan konsumen terhadap daging sapi meningkat pada awal ramadan kali ini. Biasanya dia hanya memotong satu ekor dalam sehari, namun pada awal Ramadan bisa memotong sampai tiga ekor dalam sehari. “Makanya kami selalu stok lebih agar tidak terjadi kelangkaan,” ujarnya.

Sementara untuk daging ayam segar juga relatif normal di kisaran Rp29-30 ribu per kilogram. Kemudian untuk ayam beku Rp 27-28 ribu per kilogram. “Untuk daging masih stabil semuanya. Hanya saja permintaan sedikit meningkat,” kata Akang.

fadhil/muhammad arief rachman

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com