SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Media Cetak Masih Dipercaya

Media Cetak Masih Dipercaya

BATAM – Koran akan mati karena ditinggalkan pembacanya? Ternyata tidak juga. Media cetak justru menjadi pilihan pembaca karena beritanya dapat dipercaya. Hal ini merupakan hasil survei Nielsen Consumer & Media View (CMV) Kuartal III 2017.

Tim KORAN SINDO BATAM juga bertanya langsung kepada pembaca. Tingkat kepercayaan masyarakat Batam terhadap berita-berita media cetak atau koran masih cukup tinggi. Mereka menilai akurasi berita koran lebih dapat dipertanggungjawabkan. “Untuk berita, saya masih berpedoman dengan media cetak,” kata Wahida, warga Bengkong, Kamis (7/12/2017).

Ia mengakui media online atau media sosial memang lebih cepat dalam mengantarkan informasi. Namun, berita yang disampaikan belum tentu benar.”Saya tidak langsung percaya begitu saja kalau dapat informasi dari media sosial atau media online, bisa saja beritanya bohong (hoax),” ucapnya.

Anggota DPRD Kota Batam, Rohaizat menilai berita dan informasi di media cetak lebih akurat, dapat dipercaya, dan bisa dipertanggungjawabkan. Ini berbeda dengan informasi di media sosial atau media-media berbasis online yang berpotensi hoax atau palsu. “Meski tidak semua media (online) seperti itu. Saya setiap pagi baca koran sebelum memulai aktivitas,” katanya.

Anggota DPRD Batam lainnya, Hendra Asman juga menilai media cetak lebih mampu menyajikan berita yang akurat, lengkap, dan mendalam. Karena wartawan dan editor memiliki waktu lebih panjang guna mengecek kebenaran, akurasi, dan informasi latar untuk kelengkapan berita. “Karya jurnalistik cetak lebih dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan kredibilitas dan akuntabilitasnya. Setiap hari saya membaca koran,” katanya.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad juga menempatkan koran sebagai sumber informasi utama. Ia mengaku selalu menyempatkan waktu untuk membaca koran. Hal tersebut penting baginya guna mengetahui informasi terkini dan persoalan tentang Batam. “Semua koran yang ada saya baca, tapi online juga saya ikuti. Yang saya buka pertama kali halaman metropolitan,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com