SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Melirik Kemegahan Masjid Kocatepe di Turki

Melirik Kemegahan Masjid Kocatepe di  Turki
Masjid Kocatepe di Turki yang dikalim sebagai masjid terbesar dan termegah. (Foto: Wikipedia)

SINDOBATAM – Saat berkunjung ke Turki, Presiden Jokowi menyempatkan diri salat Tahyattul Masjid di Masjid termegah di Ibu Kota Turki, Ankara, yakni Masjid Kocatepe.

Masjid ini sendiri berdiri ternyata untuk memperbaiki situasi, serta untuk menjadikan Ankara sebagai kota Muslim terpenting dalam Republik baru Turki.

Arsitekturnya memadukan unsur Ottoman tradisional, dan modernn namun dengan gaya dan teknik efektif abad ke-20. Konstruksinya dimulai awal 1960-an.

Dibangun mulai 1967-1987, Masjid Kocatepe telah menjelma menjadi landmark Turki paling terkenal. Saat Anda masuk ke dalam masjid, langsung dihadapkan ke ruang salat luas dan besar.

Hawa sejuk angin yang bebas masuk dari pintu besar masjid, langsung menghantam tubuh Anda. Tak ketinggalan, lampu kristal mewah menghiasi langit-langit masjid.

Menengok ke jendela masjid, kaligrafi berlafazkan kalimat Al-qur’an terukir indah. Uniknya, masjid ini memiliki mimbar imam yang tak biasa, yakni di atas tangga. Saat berkhotbah, imam diharuskan menaiki tangga marmer untuk mencapai mimbar. Jadi, seluruh jamaah bisa melihat imam.

Masjid ini memiliki panjang 67 meter dan lebar 64 meter, masjid ini mampu menampung 24.000 orang jamaah di dalamnya.

Masjid ini semakin menarik dikunjungi turis karena di bagian basement terdapat pusat perbelanjaan.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com