SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Menciptakan Ekosistem Inovasi

  • Reporter:
  • Kamis, 19 April 2018 | 14:52
  • Dibaca : 90 kali
Menciptakan Ekosistem Inovasi

Perusahaan teknologi informasi besar dunia, Apple Inc, membuka pusat inovasi di Indonesia, tepatnya di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten. Langkah investasi di peranti lunak ini untuk memenuhi kebijakan pemerintah tentang Tingkat Kandungan Dalam Negeri.

Kehadiran pusat inovasi Apple Inc ini juga menunjang revolusi industri generasi keempat (Industri 4.0). Apple Inc akan menghuni kawasan digital hub (BSD) yang saat ini tengah dikembangkan. Kawasan ini memang dikonsepi untuk menunjang ekosistem digital di Indonesia. Didukung dengan jaringan internet kecepatan tinggi, digital hub ini diharapkan menjadi semacam Silicon Valley milik Amerika Serikat. Tentu ini menjadi kabar menggembirakan bagi mas – yarakat Indonesia. Kehadiran pusat inovasi Apple Inc ini bisa menjadi pemicu bagi perusahaan sejenis di Tanah Air atau perusahaan lainnya tentang pentingnya inovasi.

Kehadiran pusat inovasi Apple Inc ini juga menyedot tenaga kerja sebanyak 400 orang dan uang yang digelontorkan sekitar Rp585 miliar. Bagi perusahaan informasi dan teknologi, keberadaan pusat inovasi sangat penting. Anggaran mereka memang akan banyak tersedot untuk melakukan research and development (R&D) agar bisa bersaing dengan perusahaan lain. Rendahnya kegiatan R&D akan sangat berpengaruh pada iklim inovasi dan tentu akan sangat berimbas pada bisnis. Inovasi atau perubahan memang dibutuhkan pada saatsaat ini ketika Industri 4.0 hadir.

Di tengah tantangan ekonomi baru ini, perlu ada perubahan bukan hanya semiradikal atau bahkan radikal. Bahkan, dengan adanya evolusi industri saat ini, beberapa perusahaan berani untuk mengubah model bisnis atau melakukan diversifikasi produk mereka. Perubahan atau inovasi adalah untuk menjawab keinginan pasar atau menciptakan pasar baru agar sebuah perusahaan bisa tumbuh. Masih ada perusahaan yang belum sadar tentang perubahan atau inovasi. Jikapun mereka tahu tentang pentingnya perubahan atau inovasi, mereka masih melakukan setengah hati atau bahkan hanya sekadar kamuflase. Ini yang membuat perusahaan tidak bisa bertahan ketika terjadi evolusi industri.

Artinya, sebuah perusahaan tidak bisa bertahan bukan karena faktor eksternal, melainkan faktor internal. Indonesia perlu menumbuhkan ekosistem inovasi. Hadirnya digital hub adalah salah satu upaya untuk memunculkan ekosistem inovasi. Hadirnya perusahaan informasi teknologi ternama seperti Apple Inc akan menjadi pemicu munculnya ekosistem inovasi. Dengan fasilitas yang cukup menunjang, digital hub akan mampu menjadi langkah awal untuk menghidupkan ekosistem inovasi. Karena saat ini digital telah menjadi bagian kehidupan, ekosistem digital akan menjadi titik fokus.

Dalam ekosistem digital ini di harapkan akan lahir inovasiinovasi yang bisa bermanfaat buat masyarakat. Apakah cukup dengan digital hub? Tentu tidak. Pem e – rintah harus bisa ikut mendorong munculnya ekosistem digital ini. Hadirnya regulasi yang melindungi ekosistem digital dibutuhkan sehingga semua pihak yang berada di ekosistem merasa tenang dan nyaman. Pemerintah harus bisa menjadi juri yang baik dalam ekosistem tersebut. Karena jika tidak, yang muncul justru konflik kepentingan sehingga ekosistem menjadi rusak. Hasilnya tentu bukan inovasi, melainkan justru kehancuran.

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian sejauh ini sudah terus mendorong adanya ekosistem ini. Tujuannya adalah mempersiapkan Industri 4.0 yang tengah kita hadapi. Masyarakat juga harus siap dengan memasuki ekosistem digital ini. Masyarakat harus bisa bersikap inovatif agar bisa tidak terlempar dalam ekosistem tersebut. Masyarakat juga harus bisa berjalan paralel sehingga ekosistem yang sudah tercipta bisa maksimal. Jika tidak, masyarakat justru akan semakin tertinggal.

Peran masyarakat sangat dibutuhkan karena masyarakat mempunyai peran penting dalam sebuah ekosistem. Indonesia telah melahirkan unicorn-unicorn yang bisa menjawab tantangan kebutuhan masyarakat. Hadirnya ekosistem digital yang baru diharapkan semakin me – numbuhkan unicorn-unicorn baru.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com