SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Mengenang SMRS dalam Refleksi 3 Tahun Awe-Nizar

  • Reporter:
  • Senin, 18 Februari 2019 | 13:42
  • Dibaca : 145 kali
Mengenang SMRS dalam Refleksi 3 Tahun Awe-Nizar
Bupati Lingga Alias Wello

LINGGA – Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga akan memutarkan film dokumenter bertajuk sejarah perjuangan Pahlawan Nasional Sultan Mahmud Riayat Syah (SMRS) dengan durasi 30 menit pada malam puncak refleksi tiga tahun kepemimpinan Bupati Lingga Alias Wello dan Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar (Awe-Nizar), Minggu (17/2) malam.

“Ini sebagai bukti bahwa kita terus menggali ketokohan SMRS, tidak saja setelah berhasil diangkat sebagai pahlawan nasional namun kita ingin terus dijadikan referensi salah satunya dengan film ini,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga Muhammad Ishak, kemarin.

Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga juga telah berhasil menyusun buku sejarah tentang SMRS yang telah beredar di beberapa perpustakaan di Indonesia dan Kepulauan Riau. Kemudian pada akhir tahun 2018 yang lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga kembali memproduksi film dokumenter tentang SMRS yang telah selesai digarap di akhir tahun 2018 yang lalu.

Film ini, kata dia, merupakan film perdana yang diproduksi oleh Pemkab Lingga, sejak kabupaten dengan sebutan Bunda Tanah Melayu tersebut berdiri. Hal ini tentunya tidak terlepas dari tekad dan kerja keras Bupati dan Wakil Bupati Lingga, dalam upaya menjadikan SMRS sebagai tokoh andalan dari bumi Bunda tanah melayu. Motivasi dan semangat tersebutlah yang membuat Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga, melahirkan karya-karya seperti film dan buku-buku budaya Melayu tentang SMRS. “Tidak semua orang dapat sampai selesai membaca buku sejarah, dan menarik intisari dari sebuah karya tersebut, tapi dengan film ini mungkin akan lebih mudah mendapat intisari dari perjuangan SMRS,” jelasnya.

Melalui film dokumenter yang berjudul SMRS Pahlawan Gerilya Laut yang diproduksi dari hasil kerja sama antara Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga dengan Asosiasi Tradisi Lisan Indonesia di Jakarta ini, diharapkan dapat menjadi referensi bagi masyarakat Kabupaten Lingga tentang nilai-nilai kepemimpinan perjuangan SMRS yang luar biasa. “Semangat kebersamaan, nilai-nilai heroik tersebut hendaknya menjadi spirit dan dapat terus ditanam pada diri kita semua dan generasi muda, guna membangun lingga yang lebih baik dalam segala bidang,” ujarnya. jamariken tambunan/ant

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com