SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Menjadi Prajurit Makin Diminati

  • Reporter:
  • Rabu, 19 September 2018 | 11:10
  • Dibaca : 118 kali
Menjadi Prajurit Makin Diminati
Danrem 033/WP Brigjen TNI Gabriel Lema saat memeriksa fisik CABA PK tahun 2018 subpanda Tanjungpinang, belum lama ini. /Dok Penrem 033/WP

PINANG – Sebanyak 15 Calon Bintara Prajurit Karier (CABA PK) TNI AD, Komando Resort Militer (Korem) 033/Wira Pratama dinyatakan lulus seleksi tahap subpanda Tanjungpinnang. 15 CABA PK yang memenuhi syarat selanjutnya mengikuti tes tingkat pusat yang akan diberangkatkan menuju Resimen Induk Komando Daerah Militer (Rindam) I/Bukit Barusan (BB), Siantar, Sumatera Utara.

Dalam pengarahannya, Komandan Korem (Danrem) 033/WP Brigjen TNI Gabriel Lema menyampaikan, animo masyarakat terhadap pendaftaran CABA PK tahun 2018 di subpanda Tanjungpinang Korem 033/Wira Pratama mengalami peningkatan sebesar 30% dari tahun sebelumnya.

“Peningkatan menjadi suatu yang positif bahwa semakin banyak generasi penerus bangsa yang berkeinginan memberikan pengabdiannya kepada bangsa dan negara melalui atau menjadi prajurit TNI AD”, kata Danrem 033/WP di Markas Korem 033/WP, jalan Sei Timun, Tanjungpinang, belum lama ini.

Sementara itu, Kolonel Kav Halilintar selaku perwira pengawas dan peninjau dari Kodam I/BB mengatakan, bahwa meningkatnya animo ini tidak lepas dari pembinaan teritorial yang baik oleh Korem 033/WP dan jajarannya. “Tentunya dengan meningkatnya animo terhadap pendaftaran CABA PK TNI AD subpanda Korem 033/Wira Pratama ini tidak lepas dari pembinaan teritorial yang baik oleh Korem 033/Wira Pratama”, kata Kolonel Kav Halilintar.

Sebelumnya, sebanyak 179 CABA PK TNI AD telah mengikuti serangkaian seleksi meliputi pemeriksaan administrasi awal, pemeriksaan kesehatan awal, dan pemeriksaan jasmani awal sejak 28 Agustus sampai dengan 11 September 2018, kemudian 36 orang mengikuti sidang parade Rabu (12/9) di Makorem 033/WP.

Terpisah, Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno memimpin jalannya Penilaian Pantauan Akhir (Pantukhir) Daerah terhadap 28 orang Calon Prajurit TNI TNI yang melakukan pendaftaran di Panitia Daerah (Panda) Tanjungpinang. Kegiatan tersebut berlangsung di aula Yos Sudarso Markas Komando Lantamal IV.

Danlantamal IV mengatakan, sebagai salah satu fungsi strategis kegiatan ini merupakan momen penting untuk mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk dibentuk dan dikembangkan menjadi prajurit yang professional bermoral dan berani. Karenanya, hanya prajurit yang memilki integritas dan komitmen dan jati diri yang kokoh yang dapat meningkatkan performa TNI AL di masa yang akan datang.

“28 calon prajurit TNI AL yang mengikuti seleksi penerimaan tahap II ini terdiri dari Calon Bintara Pria 13 orang, Calon Bintara Wanita 5 orang dan Calon Tamtama 10 orang. Sebelum sampai ketahap Pantukhir para calon telah melewati beberapa tahapan seleksi mulai dari administrasi, kesehatan tahap I dan II, kesemaptaan jasmani, mental idiologi dan phsikologi,” ujar Eko.

Kegiatan Pantukhir tersebut diawali dengan laporan pelaksanaan selama proses seleksi Calon Prajurit TNI AL 2018 Gelombang II oleh Sekretaris Panitia Daerah (Panda) Tanjungpinang Aspers Danlantamal IV Kolonel Laut (KH) Dede Komarudin, dilanjutkan dengan arahan Danlantamal IV Tanjungpinang selaku Ketua Panda Daerah dan pengecekan ulang oleh panitia terhadap hasil yang diperoleh dari 28 orang peserta Pantukhir.

Pantukhir ini merupakan seleksi tahap akhir yang harus dilalui seluruh calon dan setelah dinyatakan lolos oleh Panda Tanjungpinang selanjutnya akan diberangkatkan mengikuti seleksi tingkat pusat di Lembaga Penyedian Tenaga TNI AL di Malang, Jawa Timur.

m bunga ashab

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com