SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Menpan RB Dijadwalkan Resmikan MPP Batam

  • Reporter:
  • Kamis, 13 September 2018 | 14:40
  • Dibaca : 64 kali
Menpan RB Dijadwalkan Resmikan MPP Batam
Mal Pelayanan Publik sudah siap dilakukan uji coba. /AGUNG DEDI LAZUARDI

BATAM KOTA – Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Komjen Pol (Purn) Syafruddin rencananya akan meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Batam pada 20 September mendatang.

“Apa saja yang belum tuntas segera diselesaikan. Makanya peresmian kami lakukan tanggal 20 jam satu siang,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kota Batam Gustian Riau di DPRD Kota Batam, Rabu (12/9/2018).

Pihaknya juga sudah menyurati beberapa kementerian terkait untuk hadir dalam peresmian mal pelayanan tersebut. Selain itu, kegiatan itu juga akan dihadiri 21 Gubernur yang berencana membuat MPP di provinsi masing-masing.

“Menteri yang hadir Menpan RB, Menkumham, Kapolri, Menteri ATR dan semua pimpinan instansi yang tergabung dalam MPP Batam,” ujarnya.

Saat ini, kata dia, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan menjelang peresmian. Di antaranya, menyempurnakan sistem online dan melakukan gladi sebelum tanggal 19 September mendatang.

“Sudah ada 427 perizinan dari 30 instansi yang bergabung. Tambah satu lagi yaitu Telkom. Berarti sudah 31 instansi,” ujarnya.

Gustian menambahkan, Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Batam juga sudah membuka loket layanan bagi masyarakat yang ingin membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan lainnya.

“Jadi pengurusan PBB dan BPHTB bisa sejalan dan cepat. Tapi itu juga menggunakan nomor antrean yang sama untuk proses perizinan yang lainnya,” katanya.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, MPP Batam merupakan percontohan mal pelayanan terbaik di Indonesia. Selain pelayanan yang komplit, fasilitas penunjang juga bagus dan memberikan kenyamanan.

“Untuk calon investor juga harus dilayani. Walaupun sekadar informasi,” ujarnya saat berkunjung ke MPP Batam di Gedung Sumater Promotion Centre (SPC), April lalu.

Menurut dia, MPP Batam berbeda dengan daerah lain. Seluruh Sumber Daya Manusia (SDM) yang ditempatkan sesuai dengan kompetensi untuk efisiensi layanan kepada masyarakat. “Dengan adanya pelayanan ini, pasti bisa menyatukan semua. Persoalan investor akan mudah selesai,” katanya.

Beberapa waktu lalu, sambungnya, di daerah-daerah lain mengalami permasalahan kepercayaan dari calon investor. Sehingga pendapatan daerah dan negara turun. Namun dengan adanya MPP, ia yakin berbagai persoalan investasi akan segera selesai. “Apalagi dengan dilakukannya nontunai dan sistem online. Trust (kepercayaan) investor akan naik,” kata Rini. iwan sahputra

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com