SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Mesin PLTD Ranai Terbakar

  • Reporter:
  • Jumat, 11 Januari 2019 | 14:11
  • Dibaca : 87 kali
Mesin PLTD Ranai Terbakar
Mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) PLN Rayon Ranai terbakar, Rabu (9/1) sekitar pukul 18.05. f sholeh ariyanto

NATUNA – Mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) PLN Rayon Ranai terbakar, Rabu (9/1) sekitar pukul 18.05 WIB. Sumber api berasal dari mesin sewa penyuplai daya PLN milik PT Bima Golden Powerindo (BGP).

Api berhasil dipadamkan pukul 20.00 WIB setelah mengerahkan lima unit mobil pemadam kebakaran dan dibantu TNI, Polri dan masyarakat.

Kepala PLN Rayon Ranai Dwi Ristiono mengatakan, api berasal dari mesin penyuplai daya yang diduga korslet dan terkena material yang mudah terbakar di sekitar mesin. Ia menegaskan, tidak ada kporban jiwa dalam insiden tersebut.

“Korban jiwa tak ada, hanya kerugian materi saja. Namun belum bisa di simpulkan berapa kerugian yang dialami,” katanya.

Ia mengatakan, mesin yang terbakar adalah mesin sewa dari PT BGP yang merupakan rekanan PLN dalam suplai daya listrik ke warga.

“Ada delapan mesin sewa dari PT Bima Golden Powerindo (BGP) di sini. Yang terbakar tersebut adalah mesin nomor dua di antara tujuh deretan mesin yang ada,” katanya.

Akibat peristiwa ini, kata dia, pasokan listrik ke rumah warga di Ranai Kota, Air Kolek, Batu Kapal dan beberapa tempat lainnya terhenti. Pihaknya berupaya menyuplai listrik dari pembangkit Pian Tengah Kecamatan Bunguran Selatan.

“Untuk normal kembali butuh waktu beberapa hari ke depan. Sementara waktu untuk memenuhi kebutuhan warga kita suplai atau pasok dari PLTD di Pian Tengah. Sekitar 3 Mega Watt masih bisa dipasok dari sana,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, akan meninjau ulang kerja sama dengan PT BGP dan berencana memindahkan mesin ke tempat yang jauh dari pemukiman warga.

“Kerja sama dengan PT BGP akan ditinjau kembali karena sering bermasalah, termasuk merekonstruksi lokasi PLN ke daerah yang agak aman. Saat ini lokasi PLN berada dekat pemukiman warga dan lokasinya juga sangat sempit,” katanya.

Pihaknya juga mengapresiasi petugas pemadaman dan pihak terkait yang sudah membantu melakukan pemadaman. “Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak dan warga yang telah bertungkus lumus memadamkan api. Terima kasih kepada TNI dan Polri yang turut berjibaku menerjunkan mobil pemadam serta mengatur lalu lintas di sekitar lokasi,” katanya. sholeh ariyanto

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com