SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Modus Pertamina Alihkan ke Pertalite

  • Reporter:
  • Selasa, 23 Januari 2018 | 23:59
  • Dibaca : 341 kali
Modus Pertamina Alihkan ke Pertalite
Warga antre mengisi BBM di SPBU Batuampar. /TEGUH PRIHATNA

BATAM – Kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) jenis premium yang sering terjadi di berbagai Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Batam dicurigai sebagai modus Pertamina untuk mendongkrak penjualan pertalite. Dengan adanya kenaikan konsumsi pertalite di masyarakat, ada alasan bagi Pertamina untuk mengurangi pasokan premium.

Sepanjang 2017 pasokan premium di Batam turun 59 juta kiloliter menjadi 160 juta kiloliter dibanding tahun sebelumnya. Sementara pada 2016 kuota premium di Batam mencapai 219 juta kiloliter.

Anggota Komisi II DPRD Kota Batam, Mukriyadi tak mau percaya begitu saja klaim Pertamina yang menyebutkan masyarakat Batam lebih memilih pertalite dibanding premium. Dia menilai masyarakat terpaksa membeli pertalite karena pasokan premium berkurang, sehingga memicu kelangkaan dimana-mana. “Sudah pasti masyarakat beralih ke pertalite ketika premium kosong. Coba bandingkan jika kedua jenis BBM ini sama-sama tersedia, pasti premium yang lebih dipilih masyarakat,” katanya dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Pertamina dan Hiswana Migas di Komisi II DPRD Batam, Selasa (23/1/2018).

Sales Eksekutif Ritel VII Pertamina, Ida Bagus Ru Adhi mengakui adanya pengurangan kuota premium di Batam selama 2017. Menurutnya, pada 2016 kuota premium Batam mencapai 219 juta kiloliter dan pada 2017 menurun menjadi 160 juta kiloliter atau sekitar 12 juta kiloliter per bulan. Dia tak mau disalahkan atas berkurangnya kuota tersebut, karena menurutnya kuota tersebut dikeluarkan oleh Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas).

“Sehingga dalam hal ini, kami ikut ketentuan BPH Migas saja berapa yang harus disalurkan. Sementara untuk tahun ini (2018) kami belum dapat informasi dari BPH Migas, kemungkinan sekitar 12 juta per bulan,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com