SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Musim Utara, Nelayan Cari Gurita di Pantai

  • Reporter:
  • Rabu, 15 Januari 2020 | 13:21
  • Dibaca : 58 kali
Musim Utara, Nelayan Cari Gurita di Pantai
Nelayan mencari gurita di lubang-lubang karang di Anambas, kemarin. /JHON MUNTHE

ANAMBAS – Masuknya musim utara di Kabupaten Kepulauan Anambas membuat para nelayan kesulitan melaut. Untuk tetap mencari penghasilan, sebagian nelayan mencari gurita yang ada lubang-lubang karang di pantai.

“Harga gurita saat ini dijual di penampung Rp30 ribu per kilogram. Kalau musim utara, kami akan pergi berkarang mencari gurita,” kata nelayan Desa Landak Kecamatan Jemaja, Rozi Kardi, kemarin.

Namun, air surut di karang tepi laut lama, mulai dari pukul 13.00-17.00. Air akan pasang secara perlahan mulai sore harinya. “Kalau dulu gurita ini tidak ada nilai harganya, hanya untuk umpan ikan ketika pergi melaut. Kini sudah ada penampungnya. Lumayan bisa menambah pendapatan ketika musim utara,” ujarnya.

Selain itu, saat gelombang juga sedang tinggi dan sejumlah nelayan banyak yang istirahat, tidak melaut. Mereka akan memperbaiki kapal motornya, alat pancing dan sebagainya.

“Kalau ada kebun, warga kerja kebun. Musim utara saat ini banyak yang istirahat melaut,” ujar dia.

Padahal saat tidak musim utara, jika dihitung pendapatan saat melaut per bulannya sekitar Rp3-4 juta. Untuk mendapatkannya harus menempuh jarak sekitar 80 mil ke laut dari pantai.

“Saya kalau pergi melaut sekitar 1 minggu di laut mencari ikan. Jika setiap hari pulang, maka tidak akan bisa menutupi biaya operasional melaut,” ujarnya.

jhon munthe

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com