SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Musrenbang Kelurahan Gunakan E-Planning

  • Reporter:
  • Selasa, 4 Februari 2020 | 15:43
  • Dibaca : 125 kali
Musrenbang Kelurahan Gunakan E-Planning
ilustrasi

BATAMKOTA – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (musrenbang) untuk penyusunan kegiatan Pemerintah Kota (Pemko) Batam tahun 2021 sudah dimulai sejak awal tahun ini. Pada Musrenbang kelurahan ini, pemerintah daerah menggunakan perencanaan elektronik (e-Planning). Sistem tersebut diharapkan kualitas usulan perencanaan semakin baik.

Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) Batam, Wan Darussalam mengatakan sebelum Musrenbang setiap kelurahan terlebih dahulu melaksanakan pra-Musrenbang.

”Seluruh usulan masyarakat dimasukkan ke dalam aplikasi e-Planning. Sehingga saat Musrenbang, hanya tinggal menyepakati prioritas tiap kelurahan,” katanya di Batam Centre, Senin (3/2).

Ia mengatakan, aplikasi tersebut sudah diterapkan dalam musrenbang tingkat kelurahan. Sistem yang dapat memuat data spesial berupa peta dan koordinat lokasi, foto, serta dokumen pendukung.

“Sehingga diharapkan kualitas usulan perencanaan pembangunan akan semakin baik,” ujarnya.

Sejak 2016, katanya, Wali Kota dan Wakil Wali kota Batam selalu hadir dalam pelaksanaan musrenbang di kelurahan. Tujuannya bukan hanya bersilaturahmi tapi juga mendengarkan secara langsung usulan pembangunan dari masyarakat.

”Ini sudah tahun keempat Pak Wali dan Pak Wakil turun langsung mengikuti musrenbang kelurahan dan bersilaturahmi dengan masyarakat. Sekaligus untuk mendengarkan secara langsung usulan masyarakat,” katanya.

Termasuk, lanjutnya, tentang Program Infrastruktur Kelurahan (PIK) yang sudah berjalan sejak masa kepemimpinan Muhammad Rudi-Amsakar Achmad. Program ini diharapkan dapat mempercepat penuntasan pembangunan sarana prasarana lingkungan pemukiman di kelurahan sekaligus memberdayakan masyarakat.

Musrenbang sendiri diakui Wan, dimulai, Senin (27/1), di tingkat kelurahan. Hari pertama, Musrenbang digelar di tiga kelurahan yaitu Seipanas Kecamatan Batam Kota, Bengkong Sadai Kecamatan Bengkong, dan Baloi Permai Kecamatan Batam Kota.

Ia menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi, dan kesepakatan usulan rencana dan prioritas kegiatan pembangunan. Pada tahap Musrenbang kelurahan setiap kelurahan akan mengajukan usulan.

”Musrenbang tingkat kelurahan ini dijadwalkan selesai pada akhir Februari,” katanya.

Wan mengatakan, sebelum musrenbang tiap kelurahan sudah terlebih dulu melaksanakan pra-musrenbang. Seluruh usulan masyarakat dimasukkan ke dalam aplikasi e-planning. Sehingga saat musrenbang, hanya tinggal menyepakati prioritas tiap kelurahan. iwan sahputra

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com