SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Napi Narkoba Dominasi Lapas Barelang

Napi Narkoba Dominasi Lapas Barelang
infografis KORAN SINDO BATAM.

SAGULUNG – Kasus penyalahgunaan narkoba di Indonesia cukup tinggi. Tak heran jika sebagian besar lembaga pemasyarakatan (lapas) di Tanah Air didominasi oleh tahanan atau narapidana (napi) kasus narkoba. Seperti di Lapas kelas II A Barelang, dari 1.249 napi yang ada 873 di antaranya merupakan napi kasus narkoba.

Kapala Lapas Batam Surianto mengatakan, penghuni Lapas Barelang bisa dibilang satu berbanding dua antara napi kasus kriminal dengan kasus narkoba. Kebanyakan dari kasus narkoba baik pengendar, pemasok dan pengguna. “Dari ratusan napi narkoba, tiga orang divonis hukuman mati dan lima orang dengan hukuman seumur hidup,” ujarnya, Senin (26/2/2018).

Dia menambahkan, napi yang dikenakan kasus narkoba ditempatkan berbaur dengan napi kasus kriminal lainnya. Ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kesepakatan atau kompromi antara sesama napi dengan kasus narkoba. Selain itu, upaya itu dilakukan untuk menghindari munculnya jaringan baru ataupun melakukan pelanggaran serupa.

“Artinya tidak dibedakan antara napi dengan kasus narkoba dan napi yang dikenakan kasus kriminal lainnya . Kalau mereka ditempatkan satu blok bisa-bisa ada kesepakatan baru untuk mengulangi pelanggaran serupa. Ini berlaku untuk semua napi di sini,” kata Surianto.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com