SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Natuna Adopsi Ilmu Peternakan Siak

  • Reporter:
  • Kamis, 19 September 2019 | 12:16
  • Dibaca : 78 kali
Natuna Adopsi Ilmu Peternakan Siak

NATUNA – Wakil Bupati (Wabup) Natuna Ngesti Yuni Suprapti melaksanakan studi banding peternakan sapi terintegrasi di Kabupaten Siak, beberapa waktu lalu. Siak merupakan salah satu Kabupaten di Indonesia yang berhasil meningkatkan populasi sapi dengan cepat. Selain itu, Siak juga telah berhasil meningkatkan produksi kelapa sawit.

“Sapi yang diternak bukan hanya sapi Bali, tapi juga sapi brahma cross yang berasal dari Australia. Itu sebabnya kami melakukan studi banding ke Siak,” ujar Ngesti.

Ia mengatakan, da beberapa langkah strategis yang dilakukan oleh Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Siak, yang perlu dicontoh dan diterapkan bagi Kabupaten Natuna. Di antaranya memanfaatkan limbah kelapa sawit menjadi bahan baku tambahan pakan sapi, serta mengolah kotoran dan air seni sapi menjadi pupuk organik.

“Sebenarnya cara ini sudah dilakukan oleh Kabupaten Natuna, karena gurunya sama, yaitu pembinaan dari Bank Indonesia. Di samping itu untuk pakan dan pupuk organik belum bisa diproduksi secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan para petani dan peternak, dengan biaya produksi yang masih relatif rendah,” ungkapnya.

Ke depan sambung Ngesti, perlu ada kerja sama dengan beberapa lembaga seperti di Kabupaten Siak ini, Pemkab melalui Dinas Perikanan dan Peternakan, mendapat bantuan sapi dari APBN, yang disalurkan melalui kelompok. Nantinya kelompok tersebut mendapat pembinaan dari BI.

Selain itu, keberhasilan Kabupaten Siak, juga ada peran dari pihak PT Pertamina, Tbk, yang membantu dalam stimulan permodalan, dengan sistem peminjaman dana, dengan jasa 3 persen selama 3 tahun, dengan angsuran per 6 bulan khusus bagi peternak sapi.

sholeh ariyanto

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com