SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Natuna Akan Bangun Balai Kajian Melayu

Natuna Akan Bangun Balai Kajian Melayu
Wakil Bupati Natuna berbincang dengan Manajer BKPBM Yogyakarta Astrin Indriaswati, Kamis (19/4/2018)./humas pemkab natuna

YOGYAKARTA – Pemkab Natuna berencana membangun Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu (BKPBM) dengan mengadopsi fasilitas serupa di Yogyakarta.

Rencana itu sejalan dengan kunjungan Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni ke BKPBM di Yogyakarta, Kamis (19/4/2018) lalu. Ngesti melihat berbagai barang khas suku melayu yang dipajang sebagai pusat kajian perkembangan khazanah kerajaan Melayu di Indonesia.

Adapun beberapa barang yang terpajang seperti keramik dari Riau, Penyengat dan beberapa daerah lain yang menjadi pusat pemerintahan kerajaan Melayu di masa silam. Selain itu, BKPBM juga menyediakan jasa percetakan cenderamata dan buku untuk keperluan Pameran.

Ngesti sempat bertemu dengan Manajer Umum BKPBM Yogyakarta, Astrin Indriaswati yang sempat menerangkan bahwa selama berdirinya fasilitas ini, sering mendapatkan kunjungan terutama dari masyarakat Melayu. Ada juga para peneliti dan sejarawan yang berasal dari dalam maupun dari luar negeri, seperi dari Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam.

“Peran BKPBM sangat besar besar dalam upaya melestarikan budaya melayu sekaligus mendukung sektor pariwisata. Kamiberencana membangun fasilitas serupa di Kabupaten Natuna guna mengumpulkan berbagai barang terkait perkembangan peradaban Melayu,” papar Ngesti dalam rilis pers, kemarin.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com