SINDOBatam

Opini+

Jungkir Balik+

Natuna Butuh Pupuk Murah

  • Reporter:
  • Selasa, 26 Desember 2017 | 10:07
  • Dibaca : 78 kali
Natuna Butuh Pupuk Murah
Petani memanen padi di Desa Air Lengit, Natuna, beberapa waktu lalu. Petani di Natuna bertahun-tahun kesulitan mendapat pupuk murah karena ongkos logistik yang tinggi. /sholeh ariyanto

NATUNA – Lonjakan permintaan pupuk untuk petani di Natuna ternyata tidak diimbangi dengan tambahan jatah bantuan pupuk subsidi setiap tahunnya.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Natuna Muharta Windra mengatakan meski tahun depan jatah pupuk subsidi ditambah tapi diperkirakan tidak akan cukup memenuhi kebutuhan petani.

“Kami sudah ajukan tambahan ke provinsi, tapi tidak ada jaminan kuota pupuk subsidi ditambah. Sementara kalau merujuk kebutuhan petani, terus naik setiap tahun,” papar dia, kemarin.

Dia bercermin dari jatah pupuk subsidi sebanyak 25 ton pada 2017 yang rupanya tidak cukup karena ludes dibeli petani dan tidak terbagi rata.

Adapun salah satu masalah yang dihadapi dinas yakni tidak adanya data kebutuhan pupuk subsidi setiap kecamatan sehingga pengajuan ke Pemprov Kepri tidak memakai kalkulasi yang akurat.

Sehingga Muharta meminta kepala desa dan kecamatan mulai menyusun data kebutuhan pupuk subsidi dari masing-masing daerahnya.

“Setiap kecamatan kebutuhannya berbeda-beda. Barang tentu kuota 25 ton tidak cukup untuk dibagi,” sambung Muharta.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com