SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Natuna dan Lingga Bersiap Amankan Lebaran

Natuna dan Lingga Bersiap Amankan Lebaran
Wakil Bupati Natuna saat mengecek langsung kesiapan pasukan dalam pengamanan Lebaran

NATUNA – Kabupaten Lingga dan Natuna sudah menyiapkan antisipasi agar Lebaran dan mudik 2017 aman sekaligus lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Tim gabungan aparat keamanan di Natuna menyiapkan 340 personel untuk mengamankan pusat-pusat keramaian selama Lebaran hingga beberapa pekan ke depan.

Dalam apel Operasi Ramadniya di Mapolres Natuna pagi ini, Kapolres natuna AKBP Charles Panuju Sinaga mengatakan seluruh personel gabungan itu siaga di pelabuhan, terminal, tempat wisata dan rumah ibadah. Titik itu menjadi lokasi keramaian selama Lebaran.

“Kalau tingkat keamanan, berani saya katakan masih aman. Tapi kami selalu siaga,” ujar Charles usai apel, kemarin.

Tim gabungan ini terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, Basarnas dan Dishub. Personel polisi mencapai 250 orang.

Sementara Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti yang memimpin apel mengatakan seluruh jajaran yang terlibat dalam pengamanan Lebaran untuk mengantisipasi gesekan masyarakat hingga aksi terorisme.

“Yang terpenting, Natuna aman, tenteram selalu, dan terhindar dari aksi-aksi yang merusak kesatuan bangsa. Momen Lebaran adalah momen berharga bagi masyarakat untuk berkumpul bersama keluarga,” ungkap Ngesti.

Ngesti juga mengingatkan soal amanat Kapolri, bahwa tentang larangan untuk tidak bermain kembang api harus gencar disampaikan ke masyarakat. “Kita berterimakasih kepada seluruh personel yang bertugas selama Lebaran,” sambung dia.

270 Personel di Lingga
Di Lingga, Polres mengerahkan 270 personel untuk pengamanan dan pelayanan masyarakat untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1438 H.

Personel ini akan ditempatkan di dua pos pelayanan dan enam pos pengamanan serta fasilitas-fasilitas umum yang menjadi pusat konsentrasi masyarakat untuk merayakan Lebaran.

“Pelabuhan Jagoh adalah salah satu yang akan menjadi konsentrasi arus mudik dan balik. Pos pelayanan di Jagoh, nantinya juga akan dijadikan pos pelayanan terpadu yang lengkap dengan tenaga kesehatan dan pelayanan dari instansi terkait lain,” kata Kapolres Lingga, AKBP Ucok Lasdin Silalahi, saat meninjau pos pelayanan terpadu Pelabuhan Jagoh, Senin (19/6).

Sesuai instruksi Kapolri, ada tiga hal yang harus menjadi konsentrasi kepolisian untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi masyarakat yang merayakan Hari Raya Idul Fitri, yakni yang terkait dengan pengamanan arus mudik dan balik, pengamanan daerah yang ditinggal mudik dan ketersedian kebutuhan pokok masyarakat.

“Tapi masyarakat saya minta selalu waspada dan bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri. Dengan begitu, akan menjadi kecil kesempatan orang yang tidak bertangungjawab untuk melakukan aksi kejahatan,” papar dia.

sholeh ariyanto/jamariken tambunan

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com