SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Negara Pemasok Narkoba Terbesar di Dunia

  • Reporter:
  • Selasa, 27 Februari 2018 | 17:58
  • Dibaca : 2549 kali
Negara Pemasok Narkoba Terbesar di Dunia
Infografis KORAN SINDO

Sejarah perdagangan obat terlarang dan narkoba sangat panjang dan rumit. Narkoba merupakan salah satu barang haram ilegal yang justru banyak diperdagangkan dan menjanjikan pundi-pundi uang.

Berikut 10 negara produsen narkoba terbanyak di dunia.

AFGHANISTAN 
Afghanistan merupakan produsen opium terbesar sedunia yakni antara 5.000 hingga 6.000 ton opium mentah per tahun. Jika dimurnikan opium akan berubah menjadi heroin. Setelah penarikan tentara NATO tahun silam ladang poppy di Afghanistan bertambah 40% menjadi seluruhnya 210.00 hektare. Pasar terbesar opium dari Afghanistan adalah Amerika Serikat dan negara-negara Asia.

JAMAIKA 
Disebut-sebut sebagai sebagai salah satu produsen ganja terbesar, Jamaika juga merupakan titik perdagangan untuk kokain dari Amerika Selatan hingga Amerika Utara dan Eropa. Selain pusat perdagangan ganja, Jamaika juga dikenal dengan kejahatan dan aksi kekerasan berupa penembakan

GUATEMALA 
Sebagian besar kokain yang diselundupkan melalui Guatemala sebagian besar menuju pasar Amerika Serikat (AS). Menurut data, orang Amerika adalah pelanggan utama 1.000 juta kokain yang melewati negara ini.

PAKISTAN 
Republik Islam Pakistan adalah salah satu negara yang disebut-sebut sebagai negara dengan penegakan hukum paling lemah terkait perdagangan obat-obat terlarang di dunia. Selain dikenal sebagai negara yang sering menjadi sasaran aksi terorisme, negara ini merupakan daerah transit penting perdagangan obat-obatan dari Afghanistan, seperti heroin, opium, morfin, dan ganja.

MEKSIKO 
Meksiko berada di urutan kelima dalam daftar negara penghasil obat terlarang terburuk di dunia. Ini jelas salah satu negara dengan tingkat kejahatan tertinggi di dunia. Bisa dikatakan Meksiko merupakan negara utama jalur transit perdagangan narkoba terbesar sebelum dimasukkan ke AS (sekitar 95% kokain di AS sebelumnya transit lewat Meksiko)

KOLOMBIA 
Kolombia mengalami peningkatan produksi kokain pada 2014 hingga 2015. UNODC mencatat bahwa jumlah lahan yang digunakan untuk menanam koka meningkat 69 ribu hektare. Ini menjadikan Kolombia sebagai negara penghasil kokain terbanyak di dunia. Satu fakta menarik yang ditemukan adalah letak lahan yang digunakan dalam produksi kokain 70% berada di bawah kewenangan kelompok sayap kiri bernama Revolutionary Armed Forces of Colombia.

BELIZE 
Ketika menyangkut kematian terkait obat, Belize berada dalam posisi terburuk dari 11 negara penghasil obat terlarang terburuk di dunia ini.

BOLIVIA 
Ke depan daftar negara penghasil narkoba terburuk di dunia adalah Bolivia yang merupakan pembudidaya kokas daun terbesar ketiga di dunia yang sangat mudah diekspor ke Brasil, Argentina, Chile, Paraguay dan Eropa karena kontrol pabean yang buruk

MYANMAR 
Myanmar yang tercatat sebagai produsen opium terbesar kedua di dunia. Myanmar diperkirakan masih akan mengalami peningkatan dalam memproduksi narkotika dan obat-obatan terlarang. Di negara yang sebelumnya disebut sebagai Burma ini setidaknya memiliki 55.500 hektare ladang opium.

PERU 
Peru adalah produsen daun koka terbesar di tahun 1996 namun masih termasuk dalam 5 negara penghasil obat terlaris. Dengan memiliki ladang koka sekitar 53.000 hektare, penyaluran kokain dari Peru didistribusikan menuju Brasil, Chile, Argentina, dan Bolivia.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com