SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Nikah Lagi, Yudhi Dituntut 18 Bulan Penjara

  • Reporter:
  • Jumat, 14 April 2017 | 11:49
  • Dibaca : 426 kali
Nikah Lagi, Yudhi Dituntut 18 Bulan Penjara
Foto Aini Lestari

BATAM KOTA – Yudhi Kurniawan dituntut dengan hukuman 18 bulan penjara dalam persidangan di Pengadilan Negeri Batam, Kamis (13/4). Tuntutan hukuman tersebut dikarenakan terdakwa menikah untuk kedua kalinya tanpa ada izin dari istri pertama.

Dalam amar tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Frihesti Putri Gina yang dibacakan oleh JPU Yogi Nugraha disebutkan, Yudhi terbukti telah melanggar pasal 279 ayat (1) ke – 1 KUHP. “Menuntut agar majelis hakim Yang Mulia menjatuhkan hukuman penjara selama satu tahun enam bulan penjara, dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan,” kata Yogi.

Mendengar tuntutan jaksa, Yudhi menyampaikan permohonan. Dia meminta agar majelis hakim Syahrial, Taufik Nainggolan dan Jasael menjatuhkan hukuman yang seringan-ringannya. “Saya mohon diringankan, Yang Mulia, agar saya bisa berkumpul dengan istri saya. Selama saya di penjara, saya tidak bisa menafkahi istri saya,” kata Yudhi.

Majelis hakim sempat menanyakan istri yang dimaksud oleh Yudhi. Dia mengaku bahwa ingin meneruskan hidupnya dengan Novitasari, istri kedua yang dinikahinya di Batam. Ia juga sempat menoleh dan menunjuk ke arah Novitasari yang duduk di kursi pengunjung sidang.

Sebelumnya, JPU Frihesti sempat menghadirkan dua orang saksi yakni petugas Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Nongsa dan teman Dina, istri pertama Yudhi. Dalam sidang, saksi mengatakan bahwa saat mendaftarkan pernikahannya di Kantor KUA Nongsa, terdakwa mengaku masih lajang. “Semua dokumen lengkap, Yang Mulia. Dan ada surat pernyataan juga dari terdakwa yang menyebutkan bahwasanya dia masih bujang,” kata saksi.

Saat ditanya oleh majelis hakim, terdakwa membenarkannya. Ia mengaku bahwa sejak awal pernikahannya dengan Dina Kartika, rumah tangganya sering diwarnai percekcokan. Yudhi mengatakan, bahwa Dina yang dinikahinya setelah berbadan dua tersebut kerap mengadu kepada orang tuanya setiap terjadi pertengkaran. “Jadinya, saya selalu disalahkan dan dimarahi orangtuanya,” kata terdakwa menjawab pertanyaan majelis hakim.

Saksi lainnya mengatakan, Yudhi menikah dengan Dina secara siri di Batam pada 15 Juli 2015. Selanjutnya pernikahan diresmikan pada 5 April 2016 di Medan. “Setelah itu, dia menikah lagi dengan Novitasari pada November 2016. Selang beberapa bulan saja, Yang Mulia,” kata saksi.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com