SINDOBatam

Opini+

Jungkir Balik+

Novanto Dikabarkan Tunjuk Azis Jadi Ketua DPR

  • Reporter:
  • Minggu, 10 Desember 2017 | 15:19
  • Dibaca : 118 kali
Novanto Dikabarkan Tunjuk Azis Jadi Ketua DPR
Ketua DPR Setya Novanto.

JAKARTA – Setya Novanto kem bali bermanuver dengan me nyatakan mundur dari jabatan ketua DPR dan menunjuk Azis Syamsudin sebagai penggantinya.

Pengunduran diri Setya Novanto terungkap melalui surat yang dikirimnya ke Ketua Fraksi Partai Golkar Robert J Kardinal. Manuver Novanto dari dalam ruang tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini sontak kembali memanaskan internal Partai Golkar. Apalagi, manuver ini dilakukan di tengah persiapan DPP Partai Golkar menggelar rapat pleno untuk menjadwalkan mu sya warah nasional luar biasa (munaslub).

Fraksi Golkar dika bar kan telah menggelar pertemuan dengan pimpinan fraksi lain di Jakarta pada Jumat (8/12/2017) guna melaporkan surat Novanto dan meminta persetujuan peri hal penunjukan Azis sebagai ketua DPR. Koordinator Bidang Kesra DPP Partai Golkar Roem Kono membenarkan ada pemberitahuan secara tidak resmi bahwa Novanto telah menunjuk Azis sebagai ketua DPR.

Mes ki begitu, dia mengaku belum melihat secara jelas isi surat tersebut. Dia pun belum ber temu Azis Syamsudin ataupun Ro bert J Kardinal. Dia mengaku ba ru mengetahui dari media dan pembicaraan tak resmi rekan-rekan separtainya. “Saya belum baca suratnya dan belum melihat secara jelas, dan saya juga belum bertemu Pak Azis Syamsudin dan Pak Kardinal,” ujar dia.

Roem menjelaskan, masalah pergantian ketua DPR se harus nya dibicarakan terlebih dahulu kepada pengurus DPP Partai Golkar serta anggota DPR Fraksi Partai Golkar. “Kalau itu memang benar, saya kira ini menjadi suatu pem bicaraan kembali bagi kami se ba gai pengurus Partai Golkar dan anggota DPR,” jelas dia.

Dia juga akan menanyakan masalah ini secara langsung kepada Plt Ketua Umum Partai Gol kar Idrus Marham. “Jadi, kita harus bertanya ke pada mereka (Idrus dan Novanto) karena memang kalau di lihat dari aturan-aturan sih itu men jadi suatu diskresi atau ke bi jakan ketua umum untuk meng angkat jabatan-jabatan strategis itu,” ucap dia.

Terpisah, Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Mahyudin mengatakan, pada Senin (11/12/2017) bakal ada kejutan di DPR. Namun dia tidak memerinci bahwa berita kejutan d i maksud adalah penunjukan Azis yang juga ketua Badan Anggaran menjadi ke tua DPR.

Dia hanya menyebutkan saat ini memang ada dua nama yang ber saing menjadi ketua DPR, yak ni Azis Syamsuddin dan Bam bang Soesatyo. Ditanya apakah keputusan tentang nama yang diajukan se bagai ketua DPR menunggu munas lub, Mahyudin mengatakan bisa iya dan bisa juga tidak.

“Jadi, bisa saja hari Senin keluar ketua DPR baru, bisa saja, kalau Pak Novanto sudah teken, kan sekarang ketua umumnya Pak Novanto. Kalau Pak Novanto dan Idrus Marham teken siapa diusulkan, besok bisa keluar, tunggu saja berita kejutannya,” kata dia.  (KORAN SINDO)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com