SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Nurdin Ajak Jonan Lihat Penyambungan Pipa Gas

Nurdin Ajak Jonan Lihat Penyambungan Pipa Gas
Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Gubernur Kepri Nurdin Basirun ngobrol serius. Foto Rinto Situmorang.

JAKARTA – Gubernur Kepri Nurdin Basirun meminta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan segera merealisasikan penyambungan pipa gas dari Batam ke Karimun pada tahun ini. Untuk itu, gubernur mengundang Menteri Jonan melihat kondisi Karimun secara langsung pada 21 Maret mendatang.

“Pada tanggal 21 Maret nanti Pak Menteri saya undang secara khusus ke Karimun untuk melihat kondisi dan investasi di Kepri, khususnya Karimun. Bapak lihatlah betapa potensi investasi di sana sangat besar. Apalagi kalau ada gas, makin besar potensi investasinya,” ungkap Nurdin Basirun saat rapat bersama Menteri ESDM tentang Kebijakan Subsidi Gas 3 Kilogram Tepat Sasaran di Kementerian ESDM Jakarta, Kamis (16/3).

Nurdin menjelaskan, sangat sulit membangun daerah jika masalah kekurangan listrik dan gas tidak teratasi. Berbagai komitmen yang dibuat jika hanya sebatas di atas kertas saja tidak ada gunanya. Maka itu, Nurdin sangat bersemangat ketika Menteri Jonan menyetujui datang ke Kepri melihat kondisi di lapangan.

“Kami siapkan kapal besar dan roti prata khas Melayu untuk Pak Menteri nanti. Yang penting, rencana pemasangan pipa gas itu harus segera terealisasi tahun 2017 ini. Kami pemerintah provinsi siap mendorong dan mendukung apapun kebijakan yang akan dibuat Pak Menteri untuk pembangunan pipa gas itu,” tegas Nurdin.

Undangan Gubernur Nurdin langsung disetujui Menteri ESDM Jonan. Bahkan Jonan meminta laporan lengkap dari Direktur Jenderal Minyak dan Gas (Dirjen Migas) Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja terhadap realisasi rencana penyambungan pipa gas dari dan ke Karimun.

“Siap Pak Gubernur. Nanti saya datang ke Karimun melihat langsung potensi investasi dan realisasi penyambungan pipa gas dari Pulau Pemping,” kata Jonan.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Migas Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja menyebutkan rencana pembangunan pipa gas ke Karimun sudah ada progresnya. Dirjen Migas sudah memerintahkan Perusahaan Gas Negaar (PGN) untuk melakukan feasibility study pembangunan pipa tersebut. Hasilnya sudah masuk untuk rencana sepanjang kurang lebih 45 kilometer pipa.

“Semoga bisa direalisasikan tahun 2017 ini Pak Gubernur. Dan besok kita lihat langsung ke lapangan,” jelas Wiratmaja.

Pekan depan, direncanakan juga akan ada peresmian pembangunan pipa jaringan gas west Natuna ke Batam melalui Pemping.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com