SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Nyat Kadir Kembali Pimpin LAM Kota Batam

  • Reporter:
  • Senin, 27 Maret 2017 | 12:58
  • Dibaca : 986 kali
Nyat Kadir Kembali Pimpin LAM Kota Batam
Ketua LAM Batam, Nyat Kadir bersama Wali Kota Batam Muhammad Rudi. Foto Istimewa.

BATAM KOTA – Nyat Kadir kembali terpilih menjadi Ketua Umum Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Batam. Terpilihnya anggota DPR RI ini sebagai Ketua LAM periode 2017-2022 berdasarkan hasil musyawarah daerah (Musda) yang digelar di Gedung LAM Batam Centre, Sabtu (25/3).

Pengukuhan dipimpin langsung oleh Ketua Umum LAM Provinsi Kepulauan Riau, Abdul Razak AB. Dalam amanahnya, Abdul Razak berpesan agar semua anggota LAM menjaga kelestarian budaya melayu. “Amanah yang diberikan harus dilaksanakan dengan baik,” ujarnya.

Usai pengukuhan, Nyat menandatangani nota pengukuhan. Selanjutnya prosesi penyerahan warkah pengukuhan dari Ketua LAM Kepri ke Ketua Umum LAM Batam, pemasangan tanjak, penyematan keris dan ditutup dengan prosesi tepuk tepung tawar yang diiringi musik tradisional Melayu.

Nyat mengatakan, adat melayu merupakan budaya yang harus dijaga dan dilestarikan di Kota Batam. Dia berharap dengan terpilihnya kembali sebagai Ketua LAM, dapat melanjutkan tradisi melayu di Kota Batam. “Orang melayu adalah orang yang sopan dan berbudaya, ini yang harus kita pertahankan,” katanya.

Musda LAM Kota Batam diikuti 72 peserta yang terdiri dari unsur LAM kecamatan 60 orang, LAM Kota Batam 10 orang, dan dua orang LAM Provinsi Kepri. Agenda musda yakni laporan pertanggungjawaban pengurus LAM Batam 2011-2016, pemilihan Ketua LAM Batam 2017-2022, dan pengesahan program kerja.

Mantan Wali Kota Batam ini menegaskan, sikap LAM Batam adalah moderat, semua adat istiadat budaya harus dihargai untuk memajukan Batam. Sesuai fungsinya sebagai pelestari adat istiadat budaya Melayu, LAM Batam telah menerbitkan 7 Buku.

Tujuh buku itu antara lain Adat Istiadat Perkawinan Melayu Batam, Meneroka Upacara Peralihan Kehidupan Orang Melayu Batam. Prosesi Tepuk Tepung Tawar, Ensiklopedia Melayu Hubungkaitnya dengan Batam, Pakaian Tradisional Melayu Batam, Pengobatan Tradisional Melayu Batam, dan Masakan Tradisional Melayu Batam. “Di sekolah akan kita sebarkan, kita minta agar lebih tanggap kita jemput bola agar budaya Melayu diperkuat,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com