SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

OJK Cabut Izin 4 Perusahaan Pembiayaan

  • Reporter:
  • Minggu, 11 Februari 2018 | 10:18
  • Dibaca : 454 kali
OJK Cabut Izin 4 Perusahaan Pembiayaan
ilustrasi

BATAM – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencabut izin empat perusahaan Industri Keuangan Non Bank (IKNB) sepanjang 2018 ini. Satu di antaranya adalah PT Arthabuana Margausaha yang beroperasi di Batam.

Kepala OJK Kepri Iwan M Ridwan mengatakan selain PT Arthabuana, tiga lainnya adalah PT Surya Nordfinans, PT AXA Life Indonesia, dan PT Perisai Indonesia. Pencabutan izin usaha sejumlah perusahaan pembiayaan tersebut tentu sudah melalui proses pengawasan yang panjang. Sebelum resmi dicabut izinnya, lebih dulu dilakukan pembekuan oleh OJK. Biasanya, sanksi pencabutan izin dijatuhkan jika perusahaan tersebut melakukan aktivitas usahanya tidak sesuai dengan aturan berlaku.

“Wewenang pencabutan izin hanya di OJK pusat, dan itu sentralisasi. Artinya yang dicabut izinnya itu perusahaan di pusat, sehingga otomatis cabang-cabang di daerah ikut juga,” kata Iwan, Jumat (9/2/2018).

Dicontohkannya salah satu yang ada di Kepri adalah PT Arthabuana Margausaha. Sebelum dicabut izin usahanya pada 31 Januari 2018 lalu, perusahaan pembiayaan tersebut sebelumnya sudah dibekukan sejak Januari tahun lalu. Karena tidak ada perbaikan, OJK pusat kemudian mengambil tindakan tegas menghentikan seluruh kegiatan perusahaan itu, baik di kantor pusat ataupun cabang.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com