SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

OJK Kepri Kelola Sistem BI Checking

  • Reporter:
  • Minggu, 7 Januari 2018 | 13:43
  • Dibaca : 166 kali
OJK Kepri Kelola Sistem BI Checking
ilustrasi

BATAM – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kepri mulai mengoperasikan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yang merupakan perluasan dari Sistem Informasi Debitur (SID), mulai Januari 2018. Melalui sistem ini, nasabah bisa mengecek riwayat kredit atau pinjaman kepada bank atau lembaga pembiayaan nonbank.

Sistem yang dibangun sebagai sarana pertukaran informasi pembiayaan atau perkreditan antarlembaga di bidang keuangan ini sebelumnya dikelola oleh Bank Indonesia (BI). Namun kini ditangani OJK, seiring beralihnya fungsi pengaturan, pengembangan, dan pengelolaan Sistem Informasi Perkreditan (SIP) dari BI ke OJK. Ini sesuai amanat Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan.

Kepala OJK Kepri, Iwan M. Ridwan mengatakan, pihaknya sudah mulai mengoperasikan SLIK sejak 2 Januari 2018. Masyarakat yang ingin mendapatkan informasi terkait riwayat kreditnya, bisa datang langsung ke kantor OJK Kepri. Syaratnya pemohon wajib hadir langsung dan harus membawa fotokopi kartu tanda penduduk (KTP), karena sifatnya sangat rahasia.

“Untuk di Kepri sendiri sudah ada lima debitur yang datang untuk menggunakan SLIK. Istilahnya biasa orang menyebutnya BI Checking,” ungkapnya, Sabtu (6/1/2018).

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com