SINDOBatam

Terbaru Metro+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Olahan Air Limbah Bisa Langsung Diminum

  • Reporter:
  • Rabu, 11 Oktober 2017 | 13:20
  • Dibaca : 90 kali
Olahan Air Limbah Bisa Langsung Diminum
Dirut PT MJH Lestari Internasional Andri langsung meminum air hasil olahan limbah. / TEGUH PRIHATNA

BATAM KOTA – Badan Pengusahaan (BP) Batam melakukan uji coba teknologi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Andrich Tech System (ATS) karya anak bangsa di Kantor IPAL Batam Centre, Selasa (10/10/2017). Uji coba juga salah satu penjajakan yang dilakukan BP Batam yang akan membangun banyak IPAL dengan tekonologi tinggi. Pengelolaan air limbah menjadi air baku merupakan salah satu upaya untuk menjaga ketersediaan air bersih.

Mengingat keterbatasan air yang terjadi di Batam saat ini dan sangat tergantung dengan curah hujan karena tidak adanya sumber mata air. Sehingga dibutuhkan upaya untuk mengolah kembali air limbah rumah tangga yang bisa dimanfaatkan kembali untuk diolah menjadi air bersih. Dengan hadirnya ATS juga sebagai pembuktian bahwa teknologi di dalam negeri tidak kalah dengan negara maju di dunia.

Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Lainnya BP Batam, Purba Robert M Sianipar mengatakan mengolah kembali air limbah juga bisa menjaga lingkungan yang sehat. Pihaknya juga berharap setiap kawasan industri nantinya bisa memiliki IPAL sendiri, sehingga air limbah yang dihasilkan dari setiap perusahaan bisa diolah di dalam kawasan industri.

“Hari ini kami masih uji coba alat pengelolaan air limbah yang dikenal Andrich Tech System, di mana penemunya adalah karya anak bangsa lulusan dari ITB,” ujarnya.

Selengkapnya baca KORAN SINDO BATAM

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com