SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Ombudsman Minta BP Tingkatkan Pelayanan

  • Reporter:
  • Kamis, 9 Agustus 2018 | 14:34
  • Dibaca : 64 kali
Ombudsman Minta BP Tingkatkan Pelayanan
Ilustrasi.

BATAM KOTA – Badan Pengusahaan (BP) masih mendapatkan banyak keluhan dari masyarakat terkait pelayanan yang diberikan saat ini. Keluhan itu disampaikan masyarakat ke Ombudsman Kepri, dan pelayanan yang banyak dikeluhkan berkaitan dengan persoalan lahan.

Ombudsman Kepri mendorong BP Batam untuk terus meingkatkan pelayanan kepada masyarakat. Kepala Ombudsman Kepri Lagat Siadari mengatakan, sebagai lembaga publik dan pelayan masyarakat, BP Batam diharapkan bisa terus meningkatkan pelayanan. Termasuk juga terintegrasinya pelayanan di Mal pelayanan publik (MPP) yang di dalamnya banyak intansi pemerintah.

“Sesuai kode etik kami tidak diperbolehkan menyampaikan identitas pengadu yang masuk ke Ombudsman. Tapi yang jelas masih ada beberapa laporan yang mengeluhkan terkait dengan layanan di BP Batam,” ujarnya usai bertemu dengan pimpinan BP Batam di Gedung Marketing, Rabu (8/8).

Pada pertemuan itu, pihaknya memberikan sejumlah masukan kepada BP Batam yang berkaitan dengan pelayanan. Ke depan diharapkan pelayanan lembaga pemerintah di Batam dan Kepri ini bisa lebih baik. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan haknya sesuai dengan aturan yang ada.

Namun Ombudsman Kepri juga memberikan apresiasi terhadap pelayanan di pelabuhan dan Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Hasil inspeksi mendadak (sidak) yang dilaksanakan sebelum Hari Raya Idul Fitri dinilai sudah cukup baik jika dibandingkan dengan layanan pada tahun sebelumnya, termasuk juga fasilitasnya.

“Kendati demikian, kami berharap layanan ini bisa terus ditingkatkan. Terutama saat di hari-hari besar dan libur nasional,” kata Lagat.

Selain itu, Ombudsman Kepri bersama dengan BP Batam juga telah sepakat untuk memperpanjang kerja sama yang sebelumnya sudah terjalin. Melalui kerja sama ini diharapkan koordinasi bisa lebih terjalin dengan baik. Kerja sama juga dijalin dengan Pemprov Kepri serta pemerintah kabupaten/kota.

“Kami berkomitmen untuk menjalin kerja sama dengan semua instasi pemerintah di daerah,” jelasnya.

Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan, pertemuan dengan Ombudsman Kepri dilakukan dalam rangka memperbaiki pelayanan BP Batam kepada masyarakat. Menurut dia, ombudsman bertugas melakukan pencegahan, mengawasi, memberikan rekomendasi bagi perbaikan pelayanan publik yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ia mengaku BP Batam menyambut baik apa yang dilakukan ombudsman, catatan-catatan yang disampaikan tentu akan segera ditindaklanjuti. Dengan demikian permasalahan yang ada di lapangan bisa segera diperbaiki, terutama yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat.

“Kami siap membangun kemitraan dengan Ombudsman. BP Batam akan siapkan unit atau tim yang akan bertugas menjadi penghubung dengan ombudsman, terutama bila ada pengaduan-pengaduan dari penerima pelayanan publik,” kata Lukita.

Karena begitu luasnya pelayanan yang dilakukan oleh BP Batam, maka perlu dibentu tim khusus yang memayungi semua unit layanan. Di lain sisi, keberadaan tim ini akan mempermudah Ombudsman Kepri untuk berkoordinasi, terutama bila ada hal-hal yang dibutuhkan dari BP Batam. ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com