SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Operasi Mantab Brata, Ratusan Kendaraan Disiagakan

  • Reporter:
  • Jumat, 28 September 2018 | 10:09
  • Dibaca : 90 kali
Operasi Mantab Brata, Ratusan Kendaraan Disiagakan
Wakapolres Bintan Kompol Dandung Putut Wibowo didampingi pejabat utama Polres Bintan mengecek semua sarana prasarana, Kamis (27/9). f novel

PINANG – Dalam menyukseskan pengamanan selama Pemilu 2019, Polres Tanjungpinang menyiagakan 214 unit kendaraan. Seperti halnya Polres Tanjungpinang, Polres Bintan juga menyiagakan 82 unit kendaraan. Semua kendaran polisi ini diharapkan dapat menunjang kerja personel dalam menciptakan situasi aman dan kondusif selama Pemilu 2019.

Wakapolres Tanjungpinang Kompol I Gede Ngurah Joni Mahardika menggelar apel pemeriksaan kendaraan operasional Polres Tanjungpinang. Joni langsung memeriksa kendaraan mulai dari roda dua, roda empat, roda enam dan mobil water canon milik Polres Tanjungpinang. Satu per satu langsung diperiksa apakah dalam kondisi layak atau tidak.

“Kita mengecek kendaraan dinas untuk kesiapan dalam Operasi Mantap Brata 2018. Tentu, kita ingin semua kendaraan siap kapan saja digunakan,” kata Joni di Mapolres Tanjungpinang, Kamis (27/9).

Joni menyebut sejauh ini kondisi kendaraan masih layak digunakan untuk operasi tersebut.

“Kita menguji kesiapsiagaan peralatan tugas kita. Kapan pun diminta siap, tidak ada lagi terkendala kesalahan-kesalahan teknis,” ujar dia.

Kendaraan yang akan menunjang pelaksanaan Operasi Mantap Brata 2019 Polres Tanjungpinang yaitu, enam kapal, tiga APC dan AWC security barrier, tujuh truk dan bus, 149 sepeda motor, 44 mobil, dua ambulans, kendaraan khusus dua unit public addres dan satu inafis. Sementara alat pendukung lainnya, CCTV di 16 titik, 298 pesawat HT, 8 telpon/fax, 7 internet, 15 radio rig dan 18 komputer/laptop, ditambah ratusan peralatan lainnya serta dilengkapi senjata api.

“Untuk kapal perlu diadakan karena daerah kita merupakan wilayah kepulauan. Memang paling banyak roda dua dan mobil,” kata dia.

Sementara untuk personel, Polres Tanjungpinang menurunkan 350 orang yang diperbantukan dari
Polda Kepri dan TNI. Menurut dia, dengan peralatan dan personel yang ada, maka pengamanan Pileg dan Pilpres di Tanjungpinang harus dilaksanakan sebaik mungkin.

“Kita akan ciptakan pesta demokrasi ini berjalan aman dan lancar tanpa ada gangguan,” kata dia.

Diakuinya, pengamanan pada Pileg dan Pilpres ini lebih sulit ketimbang Pilkada Serentak 2018 lalu. Namun demikian, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin agar tertib dan aman.

“Semua tahapan akan kita awasi dan amankan dari segala gangguan,” tutup Joni.

Untuk menyukseskan agenda pesta demokrasi, Polres Bintan menggelar apel kesiapan sarana dan prasarana (sarpras) yang dilaksanakan di Mapolres Bintan, Kamis (27/9).

Apel gelar kesiapan dipimpin oleh Wakapolres Bintan Kompol Dandung Putut Wibowo dengan peserta apel terdiri dari pejabat utama Polres Bintan dan seluruh personil Polres Bintan yang terlibat dalam pengamanan Pemilu 2019 beserta Bhabinkamtibmas Polres Bintan.

Sebanyak 82 unit kendaraan disiagakan. Kendaraan bermotor roda dua sebanyak 57 unit, roda empat 18 unit, roda enam 4 unit, kendaraan taktis AWC 2 unit, kendaraan taktis security barier 1 unit.

Kompol Dandung dalam amanatnya menyampaikan, pimpinan Polri telah menggariskan arah dan kebijakan terkait penyelenggaraan Pemilu 2019 di seluruh Indonesia, agar berjalan aman, tertib, damai. Polisi diminta menekan segala potensi gangguan keamanan.

“Secara umum kesiapan Polres Bintan dalam menghadapi Operasi Mantap Brata Seligi 2018-2019 telah siap termasuk dalam menyikapi beberapa hal yang menjadi perhatian dalam Operasi Mantab Brata, kita tidak boleh lengah dan underestimate dalam menyikapi situasi,” jelas Dandung.

Pada kesempatan itu, ia menekankan kepada seluruh personel terutama yang memegang kendaraan dinas maupun inventaris lainnya, untuk merawat semua barang milik negara tersebut dan digunakan secara optimal untuk kepentingan tugas dan melayani masyarakat.

Setelah apel, Kompol Dandung didampingi pejabat utama Polres Bintan mengecek semua sarana prasarana yang digelar dilapangan apel tersebut, meliputi kendaraan dinas roda dua, roda empat, mobil ambulance, mobil penyuluhan satuan Binmas dan kendaraan khusus penindakan rusuh massa yang dipersiapkan untuk pengamanan Pemilu 2019 di Bintan.

Dari hasil pengecekan, secara umum kondisi sapras yang dipersiapkan baik dan siap digunakan dalam Operasi Mantab Brata 2018-2019.

muhammad bunga ashab/novel m sinaga

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com