SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Operasional RSUD Anambas Terganjal IPAL

  • Reporter:
  • Senin, 20 Maret 2017 | 10:38
  • Dibaca : 477 kali
Operasional RSUD Anambas Terganjal IPAL
RSUD Anambas. Foto Jhon Munthe.

ANAMBAS – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kepulauan Anambas belum bisa beroperasi, karena belum memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan alat-alat kesehatan. Dinas Pekerjaan Umum (PU) baru menganggarkan pembangunan IPAL tersebut pada tahun ini.

“Sesuai dengan Permenkes (Peraturan Menteri Kesehatan), RSUD harus memiliki IPAL. Oleh karena itu, pengoperasian RSUD menunggu pembangunan IPAL dan kalau tidak salah sudah dianggarkan tahun ini,” kata Kepala Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Anambas, Herianto, Minggu(19/3).

Kepala Dinas PU dan Perumahan Rakyat Anambas, Effi Sjuairi mengatakan, pembangunan IPAL tahun ini tinggal menunggu proses lelang. Menjelang proses pembangunan, pihaknya sudah menyurati Bupati Anambas untuk dilakukan pemusnahan gedung aset Pemkab Anambas, karena lokasinya akan dibangun IPAL.

“Untuk pemusnahan itu juga ada mekanismenya, tidak bisa asal merobohkan saja. Dilakukan pemusnahan bangunan, karena lokasi pembangunan IPAL terlalu sempit,” katanya.

Adapun aset yang bakal dimusnahkan itu, lanjut Effi, adalah bangunan rumah dinas bagi tenaga kesehatan. Bangunan itu akan dinilai oleh tim agar dapat dimusnahkan, berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Keputusan pemusnahan itu akan dilakukan oleh tim yang terdiri dari unsur pemerintah daerah.

“Aset pemerintah yang rencananya dimusnahkan itu adalah rumah dinas tenaga kesehatan,” ujarnya.

Bupati Anambas, Abdul Haris sebelumnya menginginkan agar RSUD Anambas segera dioperasikan, karena merupakan sarana peningkatan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Bangunan yang telah berdiri itu terlebih dahulu dilakukan pengecekan oleh tim ahli, apakah bisa digunakan atau tidak.

“Untuk wilayah Siantan dan kota kabupaten, rasanya tanpa memiliki rumah sakit tidaklah elok. Apalagi saat ini pemerintah diwajibkan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ujarnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com