SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Optimalkan Sektor Wisata

  • Reporter:
  • Rabu, 3 Januari 2018 | 15:00
  • Dibaca : 155 kali
Optimalkan Sektor Wisata
Peserta Karnaval memukau pengunjung event BP Batam Internasional Culture Carnival 2017 Sabtu (16/12/2017). /TEGUH PRIHATNA

BATAM – 2018 akan menjadi tahun kerja keras bagi Batam untuk menggairahkan kembali pertumbuhan ekonomi. Sejumlah peluang akan dioptimalkan untuk menggerakkan ekonomi masyarakat, salah satunya di sektor wisata.

Deputi Bidang Pelayanan Umum Badan Pengusahaan (BP) Batam Bambang Purwanto mengatakan, pihaknya serius mengembangkan sektor pariwisata guna mendorong pertumbuhan ekonomi Batam. Di antaranya dengan menyiapkan event-event berskala internasional dan membangun destinasi wisata baru untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Batam.

Program ini dinilai bakal menggerakkan ekonomi masyarakat. Terlebih Batam memiliki banyak keunggulan dan potensi pariwisata yang bisa digarap lebih maksimal.

“Batam memiliki banyak potensi alam yang luar biasa. Sehingga peluangnya sangat besar untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata untuk dapat menarik minat kunjungan wisman,” katanya, Selasa (2/1/2018).

Menurut Bambang, potensi wisata yang bisa dikembangkan di Batam antara lain wisata religi, belanja, dan kuliner. BP akan menjalin kerja sama dengan Pemko Batam untuk mengembangkan potensi-potensi wisata tersebut.

Selain itu juga ada event berskala internasional yang disiapkan untuk dapat menjadi daya tarik wisatawan. Antara lain futsal, Downhil Dangas, Tour de Barelang dan Bintan, Dragon Boat, Marathon Barelang, Open Turnamen Bulutangkis, Voli Pantai, Golf, Gocart and Road Race, serta Volley Ball International.

“Kemudian untuk kesenian dan budaya ada karnaval, pentas seni budaya Melayu dan Nusantara, pameran foto, konser artis, pemilihan Cik dan Puan, Batam menari, serta tradisional food festival dan digital fest,” katanya.

Event-event tersebut, jelas Bambang, akan menjadi agenda tahunan BP Batam. Pihaknya juga akan melibatkan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam setiap penyelenggaraan event internasional, sehingga manfaatnya benar-benar bisa dirasakan.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com