SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Paling Lambat April

  • Reporter:
  • Selasa, 6 Maret 2018 | 18:01
  • Dibaca : 98 kali
Paling Lambat April

MANCHESTER – Manchester City (Man City) hanya berjarak empat kemenangan dengan trofi Liga Primer kelimanya sepanjang sejarah.

Berkat kemenangan 1-0 atas Chelsea, The Citizens bisa saja sudah menjadi juara pada akhir Maret ini atau paling lambat awal bulan depan. Gol semata wayang Bernardo Silva pada menit ke-46 di Etihad Stadium, Minggu(4/3), kian mengukuhkan Man City di puncak klasemen sementara Liga Primer dengan 78 poin. Mereka unggul 18 poin dari pesaing terdekat Liverpool dan 19 poin dengan Manchester United (MU). “Kami mengkreasikan cukup banyak peluang untuk menang. Cara kami menekan dan membangun serangan cukup fantastis. Ini adalah sebuah langkah penting menuju gelar juara. Kami melakukan semuanya dengan sempurna,” kata Pelatih Man City Pep Guardiola, dilansir Skysports.

Sukses memenangkan laga kandang itu turut menorehkan rekor bagi Man City. Selisih 18 poin antara pemimpin klasemen sementara dengan peringkat 2 merupakan jarak terbesar di Liga Primer sejak Maret 2006. Ketika itu, Chelsea yang menempati peringkat 1 juga mengungguli MU dengan jumlah poin sama dan pada akhirnya The Blues yang menjuarai musim 2015/2006. Artinya, ini juga bisa diindikasikan Man City bakal jadi juara.

Faktanya, secara hitunghitungan, Sergio Aguero dkk hanya memerlukan minimal 12 poin lagi untuk mengunci gelar juara. Itu artinya, fansMan City kemungkinan bisa berpesta di akhir bulan Maret. Itu bisa terjadi karena dengan tersisa sembilan laga, Liverpool maksimal hanya bisa mengumpulkan 87 angka. Sementara Setan Merah paling banyak mendulang 89 angka, itu juga dengan catatan bisa mengalahkan Crystal Palace malam tadi. Belum cukup sampai di situ, Man City juga berpeluang menyelesaikan Liga Primer dengan menembus 100 poin.

Ya, bila sanggup memaksimalkan sembilan laga sisa, mereka bisa mendulang hingga 105 poin. Namun, hal itu tidak terlalu dipikirkan Guardiola. Menurutnya, yang jauh lebih penting adalah Man City berkonsentrasi meraih hasil bagus di laga tersisa. Dia juga mengungkapkan pencapaian timnya sejauh ini sudah melebihi ekspektasi mengingat Liga Primer dihuni sejumlah klub kuat. Guardiola juga berharap laju apik The Citizensdi pentas domestik berlanjut di Liga Champions. Selanjutnya, Man City akan menjamu FC Basel pada leg kedua babak 16 besar. Jika lolos ke perempat final, peluang merajai Benua Biru untuk pertama kali akan terjaga.

“Saya tidak pernah berbicara mengenai rekor. Jika memikirkannya, kami akan melupakan tujuan utama kami. Kami akan mencoba untuk fo-kus pada laga melawan Basel dan Stoke City. Kita lihat saja apa yang terjadi akhir musim nanti,” tandasnya. Sementara bagi tim tamu, hasil ini membuat klub asal Manchester itu menjadi mimpi buruk Chelsea dalam dua laga terakhir. Sebelumnya, klub London Barat tersebut kandas 0-2 dari MU di Old Trafford, Minggu (25/2). Akibatnya, The Bluesstagnan di peringkat 5 klasemen sementara Liga Primer dengan 53 poin.

Alvaro Morata dkk tertinggal lima poin dari zona Liga Champions. Mengenai kekalahan ini, banyak yang menganggap strategi bertahan yang diterapkan Pelatih Antonio Conte membuat performa Chelsea kurang optimal. Alur serangan mereka bak macan ompong,terlebih dengan Morata dan Olivier Giroud tidak diturunkan sebagai starter. Namun, Conte tidak menyesali keputusannya. Menurutnya, itu harus dilakukan karena Man City memiliki kualitas mumpuni sehingga akan sangat berbahaya bila diladeni dengan permainan terbuka.

Juru taktik asal Italia tersebut menganggap absennya N’Golo Kante justru sangat berpengaruh terhadap buruknya performa Chelsea. Karena itu, Conte berharap para pemain yang cedera segera pulih sehingga timnya bisa optimal pada laga selanjutnya melawan Crystal Palace, Sabtu (10/3). “Kami telah berusaha. Tapi, kenyataannya kami memang kalah. Kami harus terus bekerja keras. Kami harus mencoba meraih tiga poin,” kata Conte.

Alimansyah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com