SINDOBatam

Terbaru Metro+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Parkir Sembarang, Mobil Langsung Diderek

  • Reporter:
  • Rabu, 26 September 2018 | 13:08
  • Dibaca : 155 kali
Parkir Sembarang, Mobil Langsung Diderek
Petugas Dishub Batam menderek mobil parkir sembarangan di kawasan Batam Centre, beberapa waktu lalu. f teguh prihatna

BATAM KOTA – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam akan melakukan penertiban kendaraan roda empat yang memarkirkan kendaraan sembarangan dengan melanggar rambu larangan parkir pada 1 Oktober mendatang. Tindakan yang dilakukan dengan cara menderek kendaraan, dan mengembok kendaraan tesebut.

Kabid Lalulintas Dishub Kota Batam, Edward mengatakan, pihaknya akan menerapkan tindakan menderek kendaraan yang terpakir sembarangan. Selama ini, sambungnya, aparat bukan membiarkan tanpa ada tindakan.

“Pemberlakukan penertiban kendaraan ini sudah melalui sosialisasi dari pemerintah, sekarang kami akan melakukan tindakan tegas pada pengendara yang parkir sembarangan,” ujarnya, Selasa (25/9/2018).

Ia menjelaskan, dengan adanya pelebaran jalan di beberapa titik di Kota Batam membuat sebagian pemilik kendaraan memarkirkan kendaraan di badan jalan, hal itu tentunnya melanggar estetika kota.

“Jalan dibuat bukan untuk lahan parkir, tapi untuk arus lalu lintas,” ujarnya.

Pihak Dishub akan memberikan sanksi tegas kepada pemilik kendaraan yang parkir sembarangan dengan memberikan denda sebesar Rp500 ribu. Denda Rp500 ribu tersebut nantinya untuk upah derek sebesar Rp300 ribu dan denda Rp200 ribu.

“Ini merupakan sanksi tegas dari pemerintah, agar para pemilik kendaraan tidak memarkirkan kendaraan di bahu jalan,” kata Edward.

Adapun titik operasi penertiban akan dilakukan di beberapa daerah rawan macet dan arus lalu lintas padat, karena para pemilik mobil akan membuat kemacetan di tempat itu.

“Yang jelas di Nagoya, karena di sana seharusnya tidak ada kendaraan yang parkir di jalan. Banyak bule berbelanja di sana, kan jelek karena parkir sembarangan,” katanya.

Ia berharap dengan adanya penertiban kendaraan yang parkir yang bukan di tempatnya akan membuat Kota Batam nyaman dan aman bagi para pengendara dan penguna jalan lainnya, sehingga Kota Batam menjadi kota yang rapi.

“Untuk lapak-lapak pedagang nantinya akan ada yang bertanggungjawab melakukan tindakkan, karena salah satu kendaraan parkir sembarangan ini adalah pedagang,” kata Edward.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com