SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Parpol Harus Naik Bukit Akses Silon KPU

  • Reporter:
  • Selasa, 17 Juli 2018 | 10:57
  • Dibaca : 217 kali
Parpol Harus Naik Bukit Akses Silon KPU
Ilustrasi

ANAMBAS – Partai politik di Anambas kesulitan memasukkan data bacalegnya ke Sistem Informasi Pencalonan (Silon) KPU karena jaringan internet buruk. Mereka sampai harus naik ke bukit supaya dapat jaringan yang memadai untuk mengakses Silon.

“Harus ke puncak Bay Hill. Di sana agak mendingan sinyal, kalau mengandalkan sinyal Telkomsel ya susah,” ungkap Sekretaris Partai Golkar Anambas Indra Syahputra, kemarin.

Indra bukan satu-satunya pengurus partai politik di Anambas yang bersusah payah memasukkan data bacalegnya ke Silon. Sejumlah pengurus parpol mengeluhkan hal yang sama, jaringan internet yang tidak bisa diandalkan.

Indra memilih bukit tak jauh dari NOC Palapa Ring Barat di Anambas. Lokasi itu dipercaya paling ideal karena mendapat jaringan yang memadai. Di sana, pengurus parpol bersama operator silon masing-masing menyicil data bacaleg. “Bisa dua sampai tiga jam setiap malam,” sambung Indra.

Indra mengunggah data bacaleg berformat PDF ke Silon KPU. Indra menyadari format PDF tergolong berukuran besar sehingga proses unggah memakan waktu yang lama. Parpol menggunggah data bacaleg satu persatu dan tidak sekaligus agar tidak memberatkan jaringan.

Kadang juga proses unggah gagal di tengah jalan dan harus diulang lagi. Malah, setiap sampai di bukit tidak selalu Silon bisa diakses. Dalam satu kesempatan, Indra pernah menunggu satu jam sampai Silon bisa diakses. “Informasi dari teman-teman KPU ada ulah oknum yang mencoba meretas (Silon),” tutur Indra.

Seperti diketahui, KPU membuka pendaftaran bacaleg sejak 4 Juli hingga Selasa 17 Juli 2018. Ketua KPU Anambas Jufri Budi sebelumnya sudah mengumumkan jadwal pengajuan bacaleg tersebut. “Batas waktu penyerahan syarat pencalonan paling lambat diserahkan pada tanggal 17 Juli 2018,” ujar dia. jhon munthe

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com