SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Parpol Siapkan Berkas Bacaleg

  • Reporter:
  • Sabtu, 30 Juni 2018 | 10:29
  • Dibaca : 132 kali
Parpol Siapkan Berkas Bacaleg
ilustrasi

ANAMBAS – Sejumlah partai politik (Parpol) di Kabupaten Kepulauan Anambas mulai sibuk dengan persiapan berkas menjelang pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) yang akan dibuka pada 4 Juli- 17 Juli mendatang. Sebanyak 16 parpol yang menjadi peserta Pileg 2019 masing-masing mendapat kuota 20 pendaftar dari tiga daerah pemilihan.

Salah satu pengurus Parpol, Indra Syahputra mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan berkas bagi para bakal calon legislatif.

“Seminggu terakhir ini, kami sudah mempersiapkan berkas menjelang pendaftaran Bacaleg. Memang pendaftarannya melalui Sistem Informasi Pencalonan (Silon) yang sudah disiapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU),” kata Indra Syahputra, Jumat (29/6).

Indra mengakui, sebelum pendaftaran pihaknya sudah terlebih dahulu melakukan seleksi Bacaleg. Pasalnya Bacaleg yang bersangkutan merupakan pilihan dari rakyat dan tentunya memiliki rekam jejak yang baik.

“Untuk seleksi Bacaleg sudah dilakukan beberapa waktu lalu. Kita ingin calon yang nanti maju benar-benar memiliki potensi dan track record yang baik,” katanya.

Komisioner KPU Anambas Jufri Budy mengatakan, kuota pendaftaran Bacaleg di Anambas mencapai 320 yang terdiri dari tiga daerah pemilihan (Dapil) untuk memperebutkan 20 kursi di legislatif Anambas.

“Partai yang terdaftar sebagai peserta pemilu tetap 16. Setiap partai memiliki kuota 20 pendaftar untuk 3 Dapil. Namun syaratnya harus memiliki keterwakilan perempuan sebesar 30 persen. Misanya untuk Dapil 1 ada 9 pendaftar, 3 diantaranya harus perempuan. Apabila tidak memenuhi, maka jumlah peserta laki-laki harus dikurangi,” ujarnya.

Jufri mengakui, pendaftaran Bacaleg menggunakan Silon. Dan setiap partai khususnya di Anambas sudah diberikan user tersendiri.

“Pengelola user ini juga harus ditetapkan oleh Parpol. Dan user ini nantinya untuk mendaftar seluruh Bacaleg,” katanya.

Jufri menambahkan, syarat lain yang diperlukan diantaranya data pribadi, surat keterangan catatan kepolisian (SKCK), surat keterangan pengadilan bahwa tidak sedang dalam persidangan.

“Yang sedikit rumit yakni surat dari pengadilan ini, karena yang bersangkutan harus ke Natuna. Kalau SKCK, bisa diproses di Polres Anambas,” ujarnya.

jhon munthe

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com