SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pasar Ikan Tarempa Bebas dari Kantong Plastik

  • Reporter:
  • Selasa, 27 Agustus 2019 | 13:15
  • Dibaca : 160 kali
Pasar Ikan Tarempa Bebas dari Kantong Plastik
Ilustrasi Foto DOK SINDO BATAM.

ANAMBAS – Koperasi Unit Desa (KUD) Tarempa dan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Kepulauan Anambas akan menerapkan larangan menggunakan kantong plastik di Pasar Ikan Kecamatan Siantan. Larangan penggunaan kantong plastik akan diatur oleh KUD Tarempa selaku pengelola pasar di Kecamatan Siantan tersebut.

“Wacana ini sudah lama, ini merupakan komitmen nelayan Kabupaten Kepulauan Anambas sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Menteri KKP Susi saat berkunjung beberapa waktu lalu,” kata Ketua KUD Tarempa, Muslimin AB, belum lama ini.

Dari kebijakan yang terapkan nantinya, pihaknya akan membagikan tas belanja sebagai pengganti kantong plastik dan diharapkan nantinya masyarakat bisa menggunakan tas belanja ketika membeli ikan di pasar.

Namun, kebijakan yang akan diterapkan nantinya masih belum bisa diberlakukan secara keseluruhan. Pasalnya ikan teri dan sotong masih memperbolehkan pakai plastik. “Di luar sotong/cumi dan ikan teri yang lain tidak ada lagi menggunakan kantong plastik, ini sudah kesepakatan kita baik KUD Koperasi, HNSI, pedagang dan nelayan,” tegasnya.

Ia mengungkapkan bahwa Tarempa sudah darurat sampah kantong plastik dan Indonesia adalah negara penyumbang kedua kantong plastik terbesar di dunia.

Sementara itu, Ketua Harian HNSI Anambas M Yusuf mendukung penuh aturan yang akan diterapkan. Dia berharap dengan mengurangi penggunaan sampah tentunya akan menjaga kebersihan laut yang merupakan tempat nelayan mencari ikan.

“Pengurus HNSI akan bersama-sama KUD Tarempa dalam mensukseskan agenda ini, dimana ini demi menjaga kebersihan lingkungan, kesehatan masyarakat dan ekosistem laut,” jelasnya.

Ia mengatakan, kebijakan yang dibuat nanti akan mengurangi volume sampah plastik di Tarempa serta menjadi budaya baru untuk menggunakan tas belanja bukan menggunakan kantong plastik.

jhon munthe

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com