SINDOBatam

Terbaru Metro+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pasar TPID, Jamin Harga Bahan Pokok Lebih Murah

  • Reporter:
  • Selasa, 13 Agustus 2019 | 07:07
  • Dibaca : 159 kali
Pasar TPID, Jamin Harga Bahan Pokok Lebih Murah

BATAM – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam bersama Asosiasi Distributor Bahan Pokok Kota Batam menghadirkan Pasar Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di Pasar Grand Niaga Mas Batam Centre.

Pasar yang akan diresmikan oleh Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) pada 2 September 2019 ini untuk menekan inflasi khususnya terkait bahan pokok di Batam.

Kepala Disperindag Kota Batam Gustian Riau mengatakan, keberadaan Pasar TPID bertujuan menurunkan harga bahan pokok. Pihaknya juga telah membentuk Asosiasi Distributor Bahan Pokok Kota Batam yang menaungi seluruh distributor bahan pokok di Kota Batam.

“Di dalamnya ada distributor beras, sayur, cabai dan lainnya. Tentunya harga lebih murah di sini,” kata Gustian saat meninjau Pasar Grand Niaga Mas Batam Centre, Senin (12/8) sore.

Ia mengatakan, program Pasar TPID yang dilaksanakan setiap Ramadan, Idul Adha, Natal dan Tahun Baru belum mampu menekan inflasi dari sektor ini.

“Namun tidak bisa menurunkan inflasi. Karena tidak bisa mengendalikan secara umum. Hanya waktu-waktu tertentu saja. Sehingga kami bersama asosiasi membuat gerbrakan baru,” jelasnya.

Di Indonesia, kata dia, baru ada satu daerah yang memiliki Pasar TPID secara permanen yaitu Yogyakarta dan Kota Batam adalah daerah kedua yang memiliki pasar yang dijamin termurah ini.

“Tapi kalau pasar yang di Yogyakarta itu tidak lengkap seperti pasar kita. Pasar TPID Batam inilah nanti terlengkap se Indonesia,” katanya.

Ketua Distributor Bahan Pokok Batam Aryanto menambahkan, pihaknya menyediakan sekitar 15 kios dan 63 lapak untuk distributor. Setiap kios, hanya menjual satu jenis bahan pokok saja.

“Seperti beras, gula, tepung, sayuran dan minyak serta bahan pokok yang lainnya juga ada,” katanya.

Selama ini, kata dia, setiap distributor hanya membentuk asosiasi berdasarkan jenis bahan pokok. Pemko Batam bersama distributor berhasil membentuk asosiasi yang menaungi seluruh distributor dan tergabung dalam Asosiasi Distributor Bahan Pokok Kota Batam.

“Dengan adanya Pasar TPID ini, akan ada patokan harga,. Walau tidak bisa memaksa harga berapa, tapi paling tidak kita punya harga patokan. Ini sudah standar untuk pasar distributor di Batam,” katanya. iwan sahputra

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com