SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pasien Lansia Tak Perlu Antre Lama, RSUD Segera Buka Poliklinik Lansia

  • Reporter:
  • Senin, 24 September 2018 | 14:42
  • Dibaca : 243 kali
Pasien Lansia Tak Perlu Antre Lama, RSUD Segera Buka Poliklinik Lansia
RSUD Embung Fatimah. /DOK SINDO BATAM

BATUAJI – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah terus berbenah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya memberikan fasilitas khusus bagi pasien berusia 60 tahun ke atas atau kategori lanjut usia (lansia).

Direktur RSUD Embung Fatimah Ani Dewiyana mengatakan, Poliklinik Lansia akan menjadi layanan terbaru rumah sakit pelat merah ini guna memfasilitasi pasien lansia. Mengingat, rata-rata pasien lansia yang membutuhkan penangaan khusus dengan penyakitnya yang kebanyakan lebih dari satu.

“Usia 60 tahun ke atas itu biasanya banyak yang sudah sakit kronis. Pengobatannya tidak sebentar dan harus rutin,” ujarnya, Jumat (21/9) di DPRD Kota Batam.

Ani menambahkan, nantinta pasien lansia ditangani di klinik Poliklinik Lansia. Mereka pun tidak perlu antre atau bergabung lagi dengan pasien umum yang berusia muda. Cukup duduk di poliklinik sambil menunggu panggilan untuk diperiksa dokter yang bersangkutan.

Pihaknya menyediakan tenaga medis di klinik tersebut. Pasalnya komplikasi penyakit harus ditangani oleh masing-masing dokter yang ahli.

“Seminggu lagi (Poliklinik Lansia) kami buka. Nanti juga akan diatur alurnya bagaimana, spesialis dan pelaku pelayanan,” katanya.

Menurut dia, selama ini masyarakat lansia digabung dengan pasien umum dan jika ingin ke spesialis harus naik lagi ke lantai yang berikutnya. Hal ini tentu saja sangat merepotkan bagi mereka yang berumur. Untuk itulah pihaknya mempersiapkan poliklinik ini. “Jadi nanti dokternya yang datang ke poliklinik untuk memeriksa lansia,” katanya.

Sebelumnya, RSUD Embung Fatimah menerapkan pendaftaran dalam jaringan atau online demi memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan. Direktur RSUD Embung Fatimah, Ani Dewiyana mengatakan untuk sementara pendaftaran daring hanya untuk rawat jalan, belum bisa untuk pelayanan yang lain.

“Pasien sekarang sudah bisa daftar secara online. Saat ini layanan yang sudah berjalan yaitu untuk pasien rawat jalan. Tapi ke depannya semua layanan kita buat online,” katanya.

Pendaftaran daring dilakukan dengan mengakses situs https://rsudef.batam.go.id. Di sana, pasien memilih Pendaftaran Online. Pendaftaran melalui online juga bisa diterapkan untuk pasien yang pertama kali berobat di sana, agar tidak menyulitkan masyarakat.

Bagi pasien lama, masyarakat langsung memasukkan nomor rekam medik yang terdapat di Kartu Pasien dan nomor induk kependudukan (NIK) di Kartu Tanda Penduduk.

Sedangkan pasien baru, memilih bagian Belum Terdaftar Sebagai Pasien yang terdapat dalam situs itu. Kemudian pasien memasukkan data berupa NIK di KTP, tempat lahir, nomor telepon dan alamat surat elektronik. Kemudian menyetujui data tersebut dengan mengklik Validasi Data. iwan sahputra

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com