SINDOBatam

Opini+

Jungkir Balik+

Patung Yesus Terbesar di Dunia

  • Reporter:
  • Jumat, 22 Desember 2017 | 18:45
  • Dibaca : 66 kali
Patung Yesus Terbesar di Dunia
Infografis KORAN SINDO.

Di dunia ini ada banyak patung yang dibangun sebagai simbol keagamaan. Termasuk dalam hal ini adalah dibuatnya sejumlah patung raksasa Yesus Kristus oleh Umat Kristiani di berbagai negara.

Berikut 10 patung Yesus Kristus terbesar di dunia.

1.King Of Kings dan Lux Mundi, Ohio (AS)

King Of Kings adalah patung Yesus setinggi 19 meter (62 f) di dekat Monroe, Ohio, AS. Dibangun pada 2004, namun hancur oleh petir dan kebakaran pada 2010. Lux Mundi (bahasa Latin untuk “Terang Dunia”) adalah patung Yesus setinggi 15,8 meter (52 kaki) yang menggantikan patung yang hancur di lokasi sama. Pembangunan patung baru selesai pada 2012.

2.Christ the King (Polandia)

Patung Yesus terkenal ini terletak di kota kecil Świebodzin di Polandia barat dimana proses pembangunannya selesai pada 2010. Patung beserta gundukannya memiliki tinggi 52,5 meter (172 kaki), menjadikannya patung.

3.Christ of Vung Tau Vietnam)

Patung besar Yesus ini terletak di Gunung Nho di Vung Tau, Vietnam. Patung itu dibangun oleh Asosiasi Katolik Vietnam. Konstruksinya dimulai pada 1974 dan baru selesai pada 1993. Patung ini memiliki tinggi 32 meter (105 kaki) dan berdiri di atas platform setinggi 4 meter (13 kaki), membuatnya mencapai 36 meter (118 kaki). Patung memiliki 133 tangga yang memungkinkan pengunjung mendaki di dalam monumen.

4.Cristo della Minerva, Rome (Italia)

Dikenal sebagai Christ the Redeemer, patung marmer karya Michelangelo ini selesai dibangun pada 1521. Terletak di Gereja Santa Maria sopra Minerva di Kota Roma, ini adalah salah satu patung Yesus paling terkenal yang pernah diciptakan, walaupun ukurannya relatif kecil dibandingkan dengan patung besar sebelumnya. Tingginya mencapai 205 cm.

5.Monument to the Divine Savior of the World (El Salvador)

Terletak di Kota San Salvador di El Salvador, patung Yesus Kristus ini menunjukkan bahwa Yesus berdiri di atas bumi, ditempatkan di atas sebuah pangkalan beton tinggi. Patung ini dibangun pada 1942 dan mengalami kerusakan pada tingkat tertentu dalam sebuah gempa bumi pada 1986. Proses renovasi selesai pada 2010.

6.Christ the Redeemer, Rio de Janeiro (Brasil)

Patung Yesus paling terkenal ini juga dianggap sebagai patung Art Deco terbesar di dunia. Ini adalah patung Yesus terbesar ke-5 di dunia dengan ketinggian 30 meter (98 kaki) – tidak termasuk alas setinggi 8 meter (26 kaki). Peregangan patung itu melebar 28 meter (92 kaki). Terletak di puncak Gunung Corcovado seluas 700 meter (2.300 kaki). Patung ini telah menjadi ikon bagi monumen Rio de Janeiro yang dibangun antara 1926 dan 1931.

7.Cristo de la Concordia (Bolivia)

Sebuah patung Yesus Kristus terletak di atas Bukit San Pedro, di Kota Cochabamba, Bolivia. Untuk mencapai lokasi patung, seseorang harus mendaki sejauh 2.000 langkah, atau hanya dengan mobil kabel. Tinggi total patung itu adalah 40,44 meter (132,7 kaki). Tangan kiri patung menunjuk ke Selatan, dan tangan kanan menunjuk Utara.

8.Christ the Redeemer of the Andes (perbatasan Chile–Argentina)

Patung Yesus ini terletak di 3.832 meter (12.572 kaki) di atas permukaan laut di Pegunungan Andes, di titik tertinggi jalan tua antara Kota Mendoza di Argentina dan Kota Santiago di Chile, tepat di perbatasan antara kedua negara. Patung indah ini diresmikan pada 1904 untuk menandai penyelesaian damai dari sengketa perbatasan antara Argentina dan Chile.

9.Christ of the Ozarks, Arkansas (Amerika Serikat/AS)

Patung monumental Yesus ini terletak di dekat Eureka Springs, Arkansas, AS. Dibangun pada 1966, patung ini tingginya lebih dari 20 meter (67 kaki).

10.Cristo Rei, Lisbon (Portugal)

Menghadap ke Kota Lisbon, patung ini terinspirasi oleh patung Kristus Penebus di Rio de Janeiro, Brasil setelah Patriark Kardinal Lisbon mengunjungi monumen tersebut. Patung ini dibangun pada 1959-1969.

11.Christ the Redeemer of the Andes (perbatasan Chile–Argentina)

Patung Yesus ini terletak di 3.832 meter (12.572 kaki) di atas permukaan laut di Pegunungan Andes, di titik tertinggi jalan tua antara Kota Mendoza di Argentina dan Kota Santiago di Chile, tepat di perbatasan antara kedua negara. Patung indah ini diresmikan pada 1904 untuk menandai penyelesaian damai dari sengketa perbatasan antara Argentina dan Chile.

Tradisi Unik Natal Di Indonesia

1.Gereja Penjor (Bali)

Pemeluk Kristen di Bali biasa merayakan Natal dengan pakaian khas daerah mereka, seperti kebaya, selendang, dan kain kamen. Warna yang biasa digunakan adalah hitam putih. Pada saat perayaan Natal, kompleks gereja dihias dengan batang bambu yang dihiasi janur, sebuah ornamen khas Bali yang disebut Penjor.

2.Meriam Bambu (Ambon, Flores dan Papua)

Di Flores, Natal identik dengan meriam bambu yang diledakkan nyaris di tiap sudut kota pada malam Natal. Anak muda biasa begadang semalaman pada 24 Desember sambil sesekali main kembang api. Di Ambon, Natal diwarnai bunyi sirine kapal dan lonceng gereja yang dibunyikan serentak pada tengah malam 24 Desember.

3.Kunci Taon (Manado)

Perayaan Natal di Manado diadakan sejak 1 Desember dengan ibadah pra- Natal yang dilaksanakan tiap hari sampai Natal tiba. Sayuran paling dicari menjelang Natal di sini adalah buncis. Banyak juga keluarga yang memiliki tradisi menjenguk kuburan kerabatnya dan makan bersama yang biasanya dilakukan menjelang tahun baru.

4.Rabo-Rabo (Jakarta)

Di Jakarta ada Kampung Tugu. Dikenal sebagai tempat komunitas warga keturunan Portugis bermukim. Di Kampung Tugu ada tradisi unik dalam merayakan Natal, yakni setelah kebaktian warga berziarah ke kuburan yang terletak di samping gereja. Kemudian mereka menjalankan tradisi ‘Rabo-Rabo’, yaitu bermain musik keroncong dan menari bersama sambil keliling kampung untuk mengunjungi sanak keluarga.

Gereja Terkenal Di Dunia

1.Sagrada Familia, Barcelona, Spanyol

Gereja besar Katolik Roma di Barcelona, Catalonia, Spanyol ini dirancang oleh arsitek Catalan Antoni Gaudí (1852-1926). Konstruksi dimulai pada 1882 dan masih berdiri kokoh sampai hari ini. Gereja ini merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO.

2.Katedral Saint Basil, Moskow, Rusia

Terletak di Lapangan Merah Moskow, ini adalah gereja Ortodoks Rusia yang dibangun dari 1555 sampai 1561 atas perintah dari Ivan the Terrible. St. Basil’s menandai pusat geometris Moskow dan merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO.

3.Notre Dame de Paris, Paris, Prancis

Katedral Notre Dame adalah salah satu katedral di Eropa paling unik dan indah. Menara katedral, puncak menara, kaca patri dan patung-patung di katedral ini sangat mengesankan. Notre Dame adalah jantung Kota Paris abad pertengahan dan membutuhkan waktu lebih dari satu abad untuk menyelesaikan pembangunannya.

4.Westminster Abbey, London, Inggris

Salah satu ikon Kota London adalah Westminster Abbey. Sebuah gereja Gothic besar yang terletak persis di sebelah barat Istana Westminster. Ini adalah salah satu bangunan keagamaan paling terkenal di Inggris. Dibangun pada abad ke 10 dan sekarang merupakan situs warisan dunia UNESCO.

5.Basilika Santo Markus, Venesia, Italia

Gereja Basilika Santo Markus Venesia adalah salah satu contoh arsitektur Bizantium paling terkenal di dunia. Ini adalah salah satu ikon kota dan tujuan setiap turis di Kota Venesia. Gereja ini dibangun pada 1650.

6.Hagia Sophia, Istanbul, Turki

Bekas gereja patriarkal Ortodoks Yunani, kemudian sebuah masjid kekaisaran, dan sekarang menjadi museum. Sejak tanggal pembangunannya pada 537 sampai 1453, gereja tersebut berfungsi sebagai katedral Ortodoks Timur dan tempat kedudukan Patriarkat Konstantinopel

Gereja Dengan Bangunan Indah Di Indonesia

1.Katedral Jakarta

Nama resminya cukup panjang yaitu, “Gereja Santa Maria Pelindung Diangkat ke Surga”. Katedral Jakarta dibangun pada 1810 dengan ciri arsitektur neo-gotik yakni suatu gaya arsitektur abad pertengahan Eropa.

2.Gereja Blenduk Semarang

Gereja ini sangat terkenal seantero Tanah Air, bahkan menjadi ikon Kota Semarang, Jawa Tengah. Nama resminya adalah gereja GPIB Imanuel. Gereja ini mendapatkan namanya dari kubah besarnya yang bulat (atau “mblendhuk” dalam bahasa Jawa). Gereja ini Gereja Kristen tertua di Jawa Tengah dan dibangun pada 1753.

3.Gereja Kepanjen Surabaya

Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria atau lebih dikenal dengan nama Gereja Kepanjen didirikan pada 1815 di Surabaya. Gereja ini nampak berbeda karena eksterior dinding batu bata merahnya berbentuk gaya gotik.

4.Gereja Kayu Tangan Malang

Gereja Kayu Tangan terletak di tengah sejuknya Kota Malang dan dibangun pada 1906, sedangkan kedua menaranya baru ditambahkan pada 1930.

5.Gereja Maria Annai Valengkani Medan

Sekilas bangunan ini memang nampak seperti kuil Hindu namun sesungguhnya ini adalah gereja. Maklum pendirinya adalah seorang pastur dari India bernama James Barathaputra S.J. Gereja ini tergolong baru karena diresmikan pada 2001.

6.Katedral Larantuka Flores

Wilayah Larantuka memang dikenal memiliki populasi umat Katolik cukup besar seperti tetangganya, Timor Leste. Nama resmi gereja ini adalah Katedral Reinha Rosari. Pada saat pertama diresmikan pada 1862, gereja ini hanya berdindingkan anyaman bambu dan atap dari rumput ilalang. Setelah terbakar pada 1901, bangunan gereja yang berdinding batu bata seperti sekarang baru selesai pada 1909.

KORAN SINDO/BOBBY FIRMANSYAH

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com