SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

PDGI Edukasi Anak Sikat Gigi Dua Kali Sehari

PDGI Edukasi Anak Sikat Gigi Dua Kali Sehari
ilustrasi

BATAM KOTA – Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Batam menggelar berbagai kegiatan seru di SD 009 Batam Kota memperingati Hari Kesehatan Gigi, Mulut Dunia (WOHD). Kegiatan terselenggara berkat kerja sama dengan PT Unilever Indonesia (Pepsodent) tersebut berlangsung bertahap, mulai 23 Maret, 25 Maret, 13 April dan 18 April. “Tahun ini temanya adalah Live Health Smart With Healthy Mouth,” kata Ketua PDGI Batam Drg Juanna Soehardy, kemarin.

Kegiatan dimulai pada 23 Maret dengan melakukan pelatihan penyuluhan kepada guru dan calon dokter gigi kecil, untuk menjadi kader. Pesertanya berjumlah 22 orang. “Penyuluhannya meliputi pembiasaan terhadap cuci tangan, sikat gigi, minum air bebas kuman dan makanan bergizi,” katanya.

Dilanjutkan pada 25 Maret, berupa kegiatan edukasi kepada seluruh siswa SDN 009 Batam Kota. Tak hanya tentang penyuluhan seperti hari pertama, tapi PDGI Batam juga mengedukasi cara sikat gigi dua kali sehari, pagi dan malam. Anak-anak juga diajak mengucapkan janji siswa untuk menyikat gigi pagi dan malam serta menyanyikan lagu sikat gigi. “Kami juga membagikan leaflet materi edukasi dan stiker,” kata Juanna.

Tak hanya teori, PDGI Batam juga mengajak anak-anak melakukan sikat gigi bersama dan melakukan pemeriksaan gigi pada siswa. Kegiatan yang dilakukan tersebut juga dipantau selama 21 hari kedepan, dengan melakukan pemeriksaan gigi kedua pada 13 April mendatang. “Lewat pemeriksaan kedua itu kami ingin melihat kebersihan mulut para siswa, apakah ada perubahan yang lebih baik atau tidak,” ujarnya.

Dalam hal menyikat gigi pun tak hanya harus dibiasakan dua kali sehari. Tapi anak-anak diajarkan untuk menyikat gigi dengan benar. Menggunakan pasta gigi, gerakannya benar, sikat gigi tak boleh terlalu keras bulunya, harus diganti tiga bulan sekali.

Menurut Juanna, anak-anak merupakan aset bangsa yang sangat penting dan harus dijaga sejak dini kesehatan gigi mulutnya. Selain kegiatan yang dilakukan di SD 009 Batam Kota, PDGI Batam juga menggelar seminar dan workshop pada 8-9 April untuk anggota PDGI Cabang Batam dan Kepri. “Kami mengangkat tema tingkatkan etik, ketrampilan dan pengetahuan Ilmu Kedokteran Gigi untuk menjadi dokter gigi yang professional,” kata Juanna.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com