SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pecahkan Rekor, Bitcoin Tembus Rp242 Juta

  • Reporter:
  • Minggu, 10 Desember 2017 | 13:38
  • Dibaca : 385 kali
Pecahkan Rekor, Bitcoin Tembus Rp242 Juta
Ilustrasi

LONDON –Di tengah kontroversi, nilai mata uang virtual bitcoin kemarin mencapai rekor tertinggi sejak pertama kali di perkenalkan pada 2009 silam.

Otoritas di Tanah Air pun mewanti-wanti agar masyarakat tidak mudah tergoda untuk berinvestasi karena belum ada payung hukumnya. Pada perdagangan GDAX di Amerika Serikat (AS) kemarin, Bitcoin naik tajam mencapai USD17.000 (Rp242 juta) sebelum akhirnya jatuh lebih dari USD2.500 menjadi USD14.500 (Rp196 juta) atau turun 14%.

Di Bitstamp yang berbasis di Luksemburg, perdagangan bitcoin pada level USD15.900 hingga USD16.666 dan ditutup turun 19% menjadi USD13.482 selang beberapa jam. Namun nilainya kembali pulih pada angka USD14.400. Bitcoin mengalami peningkatan hingga 70% pada pekan ini dengan kenaikan dramatis tak ter kontrol.

“Bitcoin kini seperti kereta tanpa rem,” kata Shanel Cha nel dari ASR Wealth Advisers yang berbasis di Sydney. Selama beberapa pekan terakhir, nilai bitcoin terus mengalami kenaikan. Pada awal Oktober lalu, harga bitcoin mencapai tiga kali lipat, menunjukkan performa terkuat sejak 2013.

Nilai perdagangan bitcoin juga meningkat 15 kali lipat sehingga memicu perhatian publik internasional. Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara menegaskan, bitcoin tidak diakui sebagai alat pembayaran di Indonesia.

Pelarang tersebut ditujukan bagi pelaku layanan keuangan berbasis teknologi (financial technology), termasuk e-commerce, agar tidak menerima bitcoin. Dia pun menyampaikan sebaiknya merchant-merchant jangan menerima bitcoin sebagai alat pembayaran.

“Sebaiknya merchant tidak menerima bitcoin sebagai alat pembayaran di Indonesia. Alat pembayaran di Indonesia ya rupiah,” kata Mirza.

andika hendra/ kunthi fahmar sandy

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com