SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pedagang Kaki Lima Perlu Penataan

  • Reporter:
  • Senin, 26 Februari 2018 | 15:17
  • Dibaca : 308 kali
Pedagang Kaki Lima Perlu Penataan
Ilustrasi /M ARIEF

BATAM KOTA – Para pedagang kaki lima yang berjualan di pinggir-pinggir jalan di Kota Batam tumbuh pesat. Pemerintah daerah diminta cepat melakukan penanganan, agar keberadaan para pedagang bisa lebih tertib dan tidak memicu persoalan sosial di masa mendatang.

“Para pedagang kaki lima ini kadang tak mengindahkan lagi dengan ketertiban maupun keselamatan. Ada juga yang jualan di lereng bukit, seperti di seberang Cafe Bukit Cinta Seraya, dekat Kampung Melayu Seipanas. Sore ditertibkan, malam muncul lagi,” kata Mawardi, warga Bengkong, Minggu (25/2/2018).

Anggota DPRD Batam, Harmidi Umar Husen mengakui makin maraknya pedagang kaki lima di Batam. Hanya saja, selama ini persepsi negatif kerap disematkan kepada kalangan pedagagang kaki lima. Mereka dianggap mengganggu ketertiban dan kenyamanan masyarakat, karena keberadaannya menggunakan badan jalan sebagai tempatnya berdagang.

Namun di sisi lain, keberadaan pedagang kaki lima sebenarnya sangat dibutuhkan oleh masyarakat kelas ekonomi menengah ke bawah. Selain menghidupi keluarganya, mereka juga menciptakan lapangan kerja. Apalagi dengan tidak seimbangnya antara jumlah tenaga kerja dan lapangan pekerjaan, akibat banyaknya perusahaan yang tutup, sehingga memicu banyaknya pengangguran di Batam.

“Kenapa pertumbuhan PKL di Batam begitu pesat? Salah satu jawabannya, karena kurangnya ketersediaan lapangan pekerjaan di Batam dan bisa juga sebagai akibat dari kebijakan ekonomi liberal yang mengutamakan pertumbuhan ekonomi makro dan mengabaikan ekonomi mikro,” kata Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Batam ini.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com