SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pekerja Lobam Kini Berkesempatan Kuliah

  • Reporter:
  • Kamis, 22 Juni 2017 | 13:23
  • Dibaca : 542 kali
Pekerja Lobam Kini Berkesempatan Kuliah
Surya (3 kiri) buka bersama dengan awak media di Vila BIIE Lobam, Seri Kuala Lobam, Rabu (21/6).m rofik

KUALA LOBAM – Pengelola kawasan industri Bintan, PT Bintan Inti Industrial Estate (BIIE) Lobam menggandeng perguruan tinggi untuk membuka kampus di kawasan industri Lobam. Langkah itu untuk menjamin ketersediaan tenaga kerja berkualitas internasional.

General Manager (GM) PT BIIE Surya Cahyadi mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Telekomunikasi Indonesia (STTI) Tanjungpinang untuk membuka kampus. Pihaknya memberi kesempatan kepada karyawan pabrik untuk meningkatkan jenjang pendidikan S1, tanpa harus meninggalkan pekerjaan.

“Pembukaan perguruan tinggi ini guna menciptakan tenaga kerja profesional, berkualitas dengan jenjang pendidikan memadai. Supaya memenangkan persaingan dengan tenaga kerja asing,” ujar Surya di Lobam, Rabu (21/6).

Yang memotivasi Surya menggandeng kampus ini, kata dia, dalam beberapa kali melaksanakan presentasi di depan investor selalu ditanya jenjang pendidikan tenaga kerja yang tersedia di Bintan dan Kepri pada umumnya.

“Dengan adanya kampus, kita memiliki tenaga kerja yang mumpuni, berkualitas, berpengalaman. Namun juga berpendidikan tinggi, sejajar dengan tenaga kerja asing,” terangnya.

Tahun lalu, pihaknya didatangi salah satu karyawan pabrik dari Natuna. Yang menceritakan kerisauan akan masa depan karena menjadi pekerja pabrik dengan ijazah SMA.

“Mimpi saya dari kampung itu ingin bekerja sambil kuliah, agar tidak selamanya menjadi bawahan. Tetapi kenyataannya hanya bisa bekerja, tanpa bisa kuliah. Dikarenakan untuk kuliah harus ke Tanjungpinang yang berjarak 64 kilomter,” kata Surya menirukan keluhan karyawan pabrik.

Suryapun menjawab, agar karyawan tersebut bersabar, ia akan mengusahakan adanya perguruan tinggi di kawasan industri, agar karyawan bisa menjemput masa depan, meningkatkan karir. Dan meraih masa depan gemilang.

Sedangkan Senior Liaison Manager PT BIIE Jamin Hidajat mengatakan, kawasan industri Lobam tetap menjadi lokasi berinvestasi menarik bagi investor luar negeri maupun dalam negeri. Saat ini ditempati 16 perusahaan dengan enam ribu karyawan. “Ada tiga investor asal Taiwan yang menjajaki untuk berinvestasi. Di antaranya untuk produk halal,” ujar Jamin.

Selaku pengelola kawasan, pihaknya membuka lebar keleluasaan berinvestasi, dan memberikan kemudahan baik dalam perijinan maupun dalam penyediaan sarana prasarana.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com