SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pelabuhan Lintas Batas Negara Mendesak

  • Reporter:
  • Kamis, 9 Agustus 2018 | 10:48
  • Dibaca : 124 kali
Pelabuhan Lintas Batas Negara Mendesak
Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Kepri Haripinto Tanuwidjaja / Dok KORAN SINDO BATAM

NATUNA – Pelabuhan lintas batas negara (PLBN) di Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna dinilai sudah mendesak. Warga meminta anggota DPD RI Haripinto mengusulkan pengembangan pelabuhan tersebut ke pemerintah pusat, Selasa (7/8/2018).

Usulan tersebut menjadi isu menarik dalam rapat pertemuan di Kantor Camat Serasan yang dihadiri pemerintah kecamatan, Kepolisian, TNI, dan sejumlah tokoh masyarakat saat itu. Mereka berharap kehadiran Haripinto membawa nilai positif bagi kemajuan perekonomian warga di Kepulauan Natuna khususnya Pulau Serasan dan Subi yang letaknya berbatasan langsung dengan Malaysia.

Di hadapan masyarakat, Haripinto berjanji menyampaikan amanah tersebut kepada kementerian terkait bahkan pada rapat paripurna DPR RI. Menurutnya, usulan soal pengembangan PLBN sangat mendesak demi terciptanya perdagangan lintas batas yang aman dan legal.

“Dari penuturan masyarakat, selama ini banyak warga aktif melakukan perdagangan lintas batas dengan Malaysia. Mereka menjual kelapa dan ikan. Namun dengan PLBN, aktivitas mereka akan lebih aman,” kata Haripinto.

Selain PLBN, warga juga mengusulkan agar pembangunan jalan poros Pantai Sisi segera dibangun melalui dana alokasi khusus (DAK). Karena Pantai Sisi merupakan objek wisata yang sudah dikenal di tingkat Nasional.

Warga juga mengusulkan ketersediaan sarana telekomunikasi yang memadai. Salah satunya layanan internet, agar masyarakat dan peserta didik dapat mengetahui dunia luar meski tinggal di daerah kepulauan.

“Apa yang sudah menjadi usulan masyarakat akan saya usahakan untuk bisa direspon pemerintah dan lembaga terkait,” katanya.

Setelah mengunjungi Pulau Serasan dengan Kapal Pelni KM Bukit Raya, rombongan Haripinto melanjutkan perjalanan ke Batam melalui Pontianak menggunakan kapal kayu dilanjutkan dengan pesawat. Sebab akses terdekat dari Pulau Serasan adalah Pontianak.

sholeh ariyanto

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com